PPDB SMA Dibuka, Ratusan Calon Siswa Alami Kendala Sistem

Dimas Choirul, MNC Media · Senin 21 Juni 2021 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 338 2428635 ppdb-sma-dibuka-ratusan-calon-siswa-alami-kendala-sistem-IpfTsFOCsW.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pendaftaran untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) bersama jalur afirmasi SMA swasta mulai dibuka hari ini, Senin (21/6/2021). Ratusan calon siswa alami kendala saat memasukan data ke sistem.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat Subaedah mengatakan, terdapat 170 orang calon siswa maupun orangtua murid datang ke posko PPDB yang terletak di SMAN 78.

"Tadi pagi pada berduyun-duyun ke sini, kendala pertama enggak bisa log-in," ujarnya.

Ia menjelaskan, beberapa kendala yang ditemui para calon siswa itu di antaranya dapat diselesiakan, namun ada juga permasalahannya yang tidak dapat diselesaikan.

Baca juga: Pendaftaran SMA Negeri Melalui Situs PPDB Sumut 2021 Eror Bikin Bingung Orang Tua Siswa

"Tapi kemudian kendala kedua bisa log-in tapi kenapa enggak muncul sekolahnya, bisa log-in tapi sekolahnya enggak bisa dipilih," lanjutnya.

Menurut Subaedah, pihaknya bisa mengatasi kendala tersebut sekitar pukul 11.00 WIB. Ia juga menjelaskan, beberapa kendala lain yang ditemui calon siswa maupun orangtua murid adalah terkait data kependudukan meski jumlah aduannya sedikit.

Baca juga: Warga Kesulitan Daftar PPDB Online, Gubernur Anies Persilahkan Datang Langsung

PPBD Bersama jalur afirmasi SMA swasta ini, terdapat sembilan sekolah di wilayah Jakarta Barat 2 yang ikut dengan jumlah kuota 338 siswa. Selain itu, pendaftaran PPDB SD Jalur Zonasi juga dilaksanakan hari ini. "Kalau untuk zonasi yang SD lancar," kata Subaedah.

Sebagaimana diketahui, PPDB bersama merupakan program Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan sekolah swasta memungkinkan anak yang diterima dengan biaya sekolah akan disubsidi oleh Pemerintah Provinsi DKI.

Pendaftaran PPDB bersama jalur afirmasi SMA swasta akan dilaksanakan selama sepekan ke depan. Berikut adalah syarat-syaratnya:

1. Calon peserta didik baru (CPDB) adalah warga DKI Jakarta dibuktikan oleh kartu keluarga yang dikeluarkan oleh Dinas Dukcapil selambat-lambatnya 1 Juni 2020.

2. CPDB yang dapat mengikuti PPDB bersama adalah penerima KJP Plus sekaligus penerima PIP kelas 9 SMP yang masih aktif.

3. CPDB yang diterima pada PPDB bersama bersedia tidak mengajukan mutasi ke satuan pendidikan lainnnya selama tiga tahun dengan menyerahkan surat pernyataan tertulis bermeterai cukup kepada SMA tempat CPDB diterima.

Jalur yang digunakan untuk mendaftar adalah jalur afirmasi dengan ketentuan:

1. Pemilihan sekolah swasta berdasarkan daftar zona sekolah.

2. Peluang CPDB ditentukan oleh kedekatan domisili peserta didik dengan kelurahan sekolah.

3. Data sekolah dan kuota yang disediakan untuk PPDB bersama sesuai dengan daya tampung sekolah yang ditetapkan.

Adapun jadwal pendaftaran PPDB bersama yaitu:

1. Pendaftaran dan pemilihan peminatan di sekolah berlangsung 21-23 Juni.

2. Proses penempatan 21-23 Juni.

3. Pengumuman 23 Juni pukul 17.00 WIB.

4. Lapor diri 24-25 Juni hingga pukul 14.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini