Penyekatan Jalan Sabang Jakpus, 50 Petugas Gabungan Dikerahkan

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Senin 21 Juni 2021 22:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 338 2428736 penyekatan-jalan-sabang-jakpus-50-petugas-gabungan-dikerahkan-47fI9x0pDf.jpg Kompol Sriyanto. (Foto: Refi Sandi)

JAKARTA - Polisi melakukan penyekatan di 10 titik Ibu Kota. Petugas gabungan dikerahkan mengamankan titik lokasi penyekatan di Jalan H. Agus Salim atau Jalan Sabang, Jakarta Pusat. 

"Kurang lebih 50 petugas gabungan dari Satpol PP Polantas maupun Dishub," ujar Kepala Seksi Pelanggaran Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Sriyanto kepada MNC Portal di lokasi penyekatan Jalan Sabang, Senin (21/6/2021).  

Sriyanto menjelaskan, pihaknya melakukan pengalihan arus di Jalan Sabang. Akses jalan tersebut ditutup, termasuk dari simpang Sarinah.

Baca juga: Penyekatan Mobilitas Jalanan, Jalan Cikini Raya Ditutup

“Karena di sini satu arah biar memudahkan masyarakat kita alihkan dari depan Sarinah tujuannya kita pengalihan di Jalan Sabang untuk pencegahan Covid-19," jelasnya. 

Sriyanto menyebutkan, mekanisme penyekatan adalah mengalihkan arus kendaraan ke jalan lain. Operasi dilakukan mulai pukul 21.00 WIB hingga 04.00 WIB. 

"Betul, operasi sampai 04.00 WIB dini hari." pungkasnya.  

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, petugas gabungan polisi dan satuan polisi pamong praja (Satpol PP) mulai melakukan penyekatan pada pukul 21.00 WIB. Terlihat 6 petugas polisi dan 10 Satpol PP bersiaga.  

Baca juga: Petugas Gabungan Mulai Lakukan Penyekatan di 10 Titik Jakarta

Kendaraan dari arah Jalan KH Wahid Hasyim diluruskan ke arah Sarinah. Sedangkan, kendaraan dari arah Gereja Santa Theresia dibelokkan ke arah Sarinah atau berputar balik ke Jalan Gereja Santa Theresia. 

Penyekatan mulai dari lampu merah Sarinah menuju Jalan Sabang atau perempatan Jalan Sabang hingga perempatan Jalan Kebon Sirih. 

Namun, beberapa pengendara ojek online maupun taksi online atau yang memiliki kepentingan diperkenankan untuk melintasi Jalan Sabang menuju Jalan Kebon Sirih. 

Sebelumnya diberitakan, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo mengatakan, ada beberapa pengecualian yang boleh melintas

“Penghuni, jadi walapun jalan itu sudah dibatasi, tapi kalau dia adalah penghuni di ruas jalan tersebut diperbolehkan," ujarnya, Senin. 

Kedua petugas kesehatan, apotek atau ambulans. Ketiga, tamu atau penghuni hotel yang tempatnya di ruas jalan yang dibatasi. Keempat, mobilitas dalam kondisi darurat dari aparat penegak hukum, seperti saat ada kebakaran dan penegakan disiplin.  

Adapun penyekatan itu dilakukan di 10 titik berikut:

1. kawasan Bulungan (Jaksel)

2. Kawasan Kemang (Jaksel)

3. Jalan Gunawarman dan Jalan Suryo (Jaksel) 

4. Kawasan Sabang (Jakpus)

5. Kawasan Cikini (Jakpus) 

6. Kawasan Asia-Afrika (Jakpus)

7. Kawasan BKT (Jaktim)

8. Kawasan Kota Tua (Jakbar)

9. Kawasan Boulevard Kelapa Gading (Jakut)

10. Kawasan Pantai Indah Kapuk (Jakut)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini