HUT Ke-494 Jakarta, Anies: Masyarakat Betawi Fasilitator Tumbuhnya Persatuan Bangsa

Dominique Hilvy Febiani, MNC Media · Selasa 22 Juni 2021 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 338 2428994 hut-ke-494-jakarta-anies-masyarakat-betawi-fasilitator-tumbuhnya-persatuan-bangsa-95VmwOSgO3.jpg Anies Baswedan. (Foto: Bagja)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-494 DKI Jakarta yang jatuh pada 22 Juni 2021. Anies mengatakan bahwa masyarakat Betawi telah menjadi simbol fasilitator tumbuhnya rasa persatuan dan kebangsaan dalam membangun Ibu Kota. 

"Masyarakat Betawi memfasilitasi seluruh unsur suku bangsa yang ada di Nusantara untuk merasa berada di rumahnya, ketika mereka datang dan tinggal hidup di Jakarta, masyarakat Betawi menghadirkan perasaan kesetaraan dan keterbukaan," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat (22/6/2021). 

Anies beranggapan bahwa di kota inilah terjadi pertemuan lintas suku, etnis dan bangsa yang berhasil membuat simpul kebangsaan dan persatuan. 

Baca juga: Gawat! Anies Sebut 16% Kenaikan Kasus Covid-19 Jakarta adalah Anak-Anak

"Jakarta mengalami penambahan dalam berbagai unsur ada di Indonesia berdatangan dari seluruh Nusantara datang ke kota ini untuk ikut memajukan kota Jakarta, ikut mendorong peningkatan perekonomian, mendorong kontribusi kemajuan kesenian, kebudayaan dan peradaban. Bukan hanya untuk sekedar mendapatkan penghidupan yang lebih baik tapi datang ke kota ini untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik Jakarta memfasilitasi hadirnya kehidupan yang lebih baik," tutur Anies. 

Ia mengatakan bahwa masyarakat Jakarta telah berkontribusi dalam menghadapi peluang dan tantangan.

"masyarakat Betawi menjadi unsur terpenting dalam memfasilitasi tumbuhnya perasaan kebersamaan perjalanan kota Jakarta sudah hampir 500 tahun ini adalah perjalanan yang penuh dengan kisah naik turun kisah di mana kita menghadapi peluang dan tantangan dalam perjalanan itulah kita menyaksikan Ini tumbuh dan berkembang dan setelah kita memasuki tiga, empat dekade belakangan ini," ucap Anies.

Baca juga: HUT Ke-494 DKI Jakarta, Anies: Semakin Maju, Berkembang dan Jadi Kebanggaan bagi Semua

Anies menggunakan pakaian kebesaran khas Jakarta lengkap dengan masker. Selain itu, para hadirin yang mengikuti prosesi upacara pun turut mengenakan pakaian khas DKI Jakarta. Seluruh peserta upacara mengenakan masker guna menaati protokol kesehatan.

Acara ini akan ditayangkan secara virtual melalui siaran langsung dan live streaming di Youtube Pemprov DKI Jakarta. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini