Gawat! Keterisian Tempat Tidur RSDC Wisma Atlet Capai 86%, Sudah Lampu Kuning

Jonathan Nalom, MNC Media · Selasa 22 Juni 2021 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 338 2429189 gawat-keterisian-tempat-tidur-rsdc-wisma-atlet-capai-86-sudah-lampu-kuning-b80kuqM2Qk.jpg Letkol M Arifin. (Foto: Jonathan N)

JAKARTA - Jumlah pasien positif Covid-19 di RSDC Wisma Atlet terus melonjak. Keterisian tempat tidur di Wisma Atlet sudah mencapai 86%.

“BOR di Wisma Atlet untuk hari ini kita mencapai 86%, sebentar lagi akan sampai 90%,” kata Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet, Letkol M Arifin, di RSDC Wisma Atlet, Selasa (22/06/2021)

Menurutnya hal ini disebabkan oleh jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang masih terus berdatangan. Adapun misalnya, catatan pada hari ini sampai pukul 06.00 WIB, sejak 24 jam sebelumnya, jumlah pasien pendaftar mencapai 852 orang.

Baca juga: RSD Wisma Atlet Rawat 2.786 Pekerja Migran

“Ini suatu angka yang drastis, termasuk selama RSDC ini berdiri, ini termasuk tertinggi sampai hari ini” ujarnya

Lebih lanjut Arifin menjelaskan, keterisian tempat tidur yang mencapai 86% hanya menyisakan 900 bed pada RSDC Wisma Atlet. Jika tidak menahan lonjakan maka dalam sehari bisa saja sisa beda RSDC Wisma Atlet akan penuh. 

“Sisa bed yang ada tinggal 900 untuk hari ini. jadi kalau sehari bisa masuk 852, terus pasien keluar tidak banyak Ini sudah lampu kuning menjelang merah, bisa satu hari habis,” pungkasnya.

Baca juga: Kadinkes DKI: Keterisian Wisma Atlet Sudah Penuh!

Sementara RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat juga menambahkan tempat tidur terkhusus pada ruang Unit Gawat Darurat (UGD). Penambahan ini akan diatur di Tower 6 lantai dasar dan Tower 7 lantai dasar.

Adapun penambahan bed untuk UGD tersebut didasarkan bahwa banyaknya pasien yang butuh penanganan khusus di ruang UGD sebelum mendapatkan penanganan lanjutan. Lebih jauh, katanya pasien kebanyakan memiliki keluhan desaturasi. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini