5 Fakta Kasus Penembakan di Taman Sari, Pistolnya Revolver

Tim Okezone, Okezone · Kamis 24 Juni 2021 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 338 2429774 5-fakta-kasus-penembakan-di-taman-sari-pistolnya-revolver-pzHWHt2vus.jpg Polisi menangkap pelaku penembakan di Taman Sari, Jakarta Barat (Foto: iNews)

JAKARTA - Penembakan remaja berinisial MIS (18) terjadi di Jalan Mangga Besar VI D Taman Sari, Jakarta Barat, pada Selasa 22 Juni 2021 dini hari. Sebanyak 10 orang yang diduga terlibat penembakan ditangkap aparat kepolisian.

Dirangkum Okezone, berikut fakta-faktanya:

1. Pelaku tak terima ditegur saat pesta miras 

Salah seorang saksi, Yanto (55) mengatakan, penembakan diduga berawal dari tidak terimanya pelaku ditegur saat sedang meminum minuman keras (miras). Saat itu, pelaku sedang nongkrong bersama teman-temannya.

Ditegur lantaran lokasi pesta miras di samping masjid. "Pelaku langsung marah dan menyerang anak-anak," katanya.

Baca Juga: Polisi Tangkap 10 Orang Diduga Terlibat Penembakan di Taman Sari

Pelaku juga melepaskan tembakan sebanyak tiga kali dan mengenai satu orang MIS (18). Selain itu, pelaku dan teman-temanya juga membawa senjata tajam berupa parang. Mereka juga merusak mobil warga dan gerobak penjual nasi goreng.

2. Korban penembakan kritis 

Remaja bernama Moch Idris Saputra (18) yang tertembak mengalami kritis. Korban mengalami luka tembak di bagian ketiak dan tangan sebelah kiri. Korban saat ini masih mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

"Ya benar, kami menerima adanya seorang korban yang ditembak di jalan mangga besar VI D taman sari Jakarta Barat," ujar Kapolsek Metro Taman Sari, AKBP Iver Soon Manosoh. 

3. Polisi Sita Sajam dan Senpi Jenis Revolver

Aparat Polsek Taman Sari dan Polres Metro Jakarta Barat menemukan sepucuk senjata api jenis revolver dan belasan senjata tajam saat menangkap pelaku penembakan di Taman Sari. Barang tersebut ditemukan di lokasi penangkapan di rumah kontrakan di Tebet, Jaksel, pada Rabu 23 Juni 2021.

“Barang bukti 1 pucuk senjata revolver. Kuat dugaan digunakan untuk menembak korban sama beberapa sajam yang berdasarkan keterangan saksi di lapangan, ada yang membawa senjata tajam,” ujar Kanit Reskrim Polsek Taman Sari, AKP Lalu Musti Ali.

Baca Juga: Viral! Pistol Revolver Milik Penembak Remaja di Taman Sari Ramai di Medsos

4. Polisi Tangkap 10 Orang, 2 di Antaranya Wanita

Polisi menangkap sepuluh pelaku yang diduga terlibat penyerangan sekaligus penembakan kepada warga di Jalan Mangga Besar VI D Taman Sari, Jakarta Barat. Dua di antaranya perempuan.

Kanit Reskrim Polsek Metro Taman Sari AKP Lalu Mesti Ali menerangkan, sepuluh orang itu diamankan di Bukit Duri Tebet, Jakarta Selatan pada Selasa, 22 Juni 2021 malam.

"Iya benar, yang kita amankan 10 orang cuma peran-perannya masih kita dalami," kata dia saat dihubungi, Rabu (23/6/2021).

5. Netizen pertanyakan asal usul Senpi Revolver 

Sejumlah netizen mempertanyakan asal muasal pistol tersebut. Hal itu terungkap usai akun Instagram @cetul.22 yang mempostinganya, pada Selasa 22 Juni 2021.

Dalam postingan yang viral itu memperlihatkan sebuah pistol jenis revolver yang diduga digunakan pelaku untuk menembak korbannya berusia remaja. "Korban adalah seorang remaja berinisial MIS (18). Saat ini, kondisinya masih kritis akibat terkena luka tembak pada bagian ketiak dan tangan," tulis caption tersebut dikutip, Rabu (23/6/2021).

Beberapa warganet kemudian mempertanyakan pistol yang dimilik pelaku itu, pasalnya pistol revolver semacam itu tak jauh berbeda dengan pistol yang biasa digunakan aparat, terlebih dalam postingan diperlihatkan adanya lima butir peluru tajam.

"Seperti senpi organik," kata @trydenny805.

Komentar @trydenny805 mengundang reaksi warganet lainnya yang menilai bahwa pistol itu diduga milik aparat.

"Biasanya yg masih make rev sekarang para suhu...," timpal @axelfavian.

Senada dengan itu, @hay_ndrik menjelaskan biasanya pemilik pistol merupakan para perwira. Namun, dalam komentarnya ia tak menjelaskan perwira dari instansi mana.

"betul... para perwira biasanya," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini