Anies Kunjungi Rusun Nagrak dan TPU Rorotan

Antara, · Rabu 23 Juni 2021 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 338 2429781 anies-kunjungi-rusun-nagrak-dan-tpu-rorotan-2VXBfP2W7G.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi dua lokasi di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, yakni Rumah Susun (Rusun) Nagrak, Marunda, dan Taman Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Rabu (23/6/2021).

Rusun Nagrak dikunjungi lebih dulu oleh Gubernur DKI bersama Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mulyo Aji.

Anies mengatakan, aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu kini beroperasi di bawah Wisma Atlet Kemayoran dan selanjutnya dipergunakan sebagai fasilitas isolasi mandiri warga Jakarta yang terpapar Covid-19 tanpa gejala.

Penggunaan Rusun Nagrak merupakan ikhtiar Pemprov DKI Jakarta untuk memastikan warga yang terkena Covid-19 dapat menjalani isolasi dengan baik.

Baca juga: Perketat PPKM Mikro, Anies Tegaskan Hajatan Tak Boleh Makan di Tempat

"Ini adalah fasilitas yang dikelola Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tapi secara aktivitasnya, di bawah satu garis Komando dengan Wisma Atlet. Ini seperti satelitnya RSDC Wisma Atlet, yang dulu Wisma Atlet digunakan untuk orang bergejala ringan atau tanpa gejala, sekarang yang tanpa gejala diarahkan ke sini," ujar Anies.

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyaksikan pergantian sejumlah velbed dengan kasur di Tower 2 Rusun Nagrak.

Rusun Nagrak memiliki 5 menara (tower) yang difungsikan untuk penanganan Covid-19. Menara 1-4 sebagai ruang isolasi mandiri dan Menara 5 sebagai ruangan tenaga kesehatan.

Baca juga: Seluruh Perkantoran di Jakarta Work from Home 75 Persen

Hingga saat ini, sudah ada 121 warga terkonfirmasi positif Covid-19 diisolasi di rumah susun tersebut.

Usai meninjau Rusun Nagrak, Anies bertolak menuju TPU Rorotan. Di sana Gubernur DKI menginspeksi kesiapan sejumlah petugas pemulasaraan jenazah dan pemakaman dan juga memberikan semangat.

Anies juga bertemu sejumlah warga yang menyaksikan pemakaman kerabatnya di sana sembari menitip pesan duka cita dan menjaga kesehatan agar terhindar dari virus corona itu.

"Pada jaga kesehatan ya, jangan sampai kena (Covi-19). Saya sudah pernah merasakan dan enggak enak," kata Anies.

Anies mengatakan, TPU Rorotan memang ​​menyediakan lahan pemakaman seluas kurang lebih tiga hektare untuk jenazah yang dimakamkan dengan protokol Covid-19.

Kendati demikian, ia tidak berharap ada lagi warga DKI Jakarta yang dimakamkan di TPU tersebut kendati saat ini sudah ada kurang lebih 900 petak makam di sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini