Bekerja Sama dengan Polri, Pemprov DKI Jakarta Hadirkan AJIB di Kampung Tangguh Jaya

Tim Okezone, Okezone · Kamis 24 Juni 2021 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 338 2430092 bekerja-sama-dengan-polri-pemprov-dki-jakarta-hadirkan-ajib-di-kampung-tangguh-jaya-VlH2W4hEWG.jpeg

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan berbagai upaya dan menjalin sinergi dengan berbagai pihak untuk mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Upaya tersebut terlihat dari penandatanganan Nota Kesepakatan antara Polda Metro Jaya dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta terkait pembentukan Posko Asistensi Perizinan bagi UMKM di 5 (lima) Kampung Tangguh Jaya di wilayah Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

BACA JUGA: HUT ke-494 DKI Jakarta, Gubernur Anies: Kita Ditakdirkan untuk Siap Menghadapi Pandemi

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengatakan bahwa kolaborasi ini akan menghadirkan Layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) di Posko Asistensi Perizinan Kampung Tangguh Jaya untuk memberikan konsultasi/penyuluhan kepada warga terkait tata cara pengajuan izin usaha bidang UMKM dan menerima permohonan perizinan usaha warga secara langsung di Kampung Tangguh Jaya tersebut serta memberikan layanan asistensi atau pendampingan pengurusan perizinan usaha mulai dari tahap pengajuan permohonan perizinan sampai dengan izin diterbitkan atau end to end process.

BACA JUGA: Kampung Tangguh di Cideng Sukses Tekan Angka Penularan Covid-19

“Guna mendukung pemulihan ekonomi nasional, pengurusan perizinan usaha memang perlu dibantu karena tidak semua warga terbiasa dengan sistem perizinan daring. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi program optimalisasi Kampung Tangguh Jaya dan kami siap berkolaborasi,” jelas Benni sebagaimana dilansir dalam keterangan pers DMPTSP, Kamis (24/6/2021).

Benni berharap program kolaborasi di Kampung Tangguh Jaya diharapkan dapat memberikan dampak yang luar biasa kepada warga. Sebagaimana diketahui, Kampung Tangguh Jaya merupakan wujud pelaksanaan salah satu Program Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi berkeadilan) Kapolri dengan tujuan menekan angka penularan Covid-19 dan mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional.

“kami berharap Posko Asistensi Perizinan bagi UMKM di Kampung Tangguh Jaya ini juga dapat dikembangkan di wilayah lainnya di Jakarta dan tidak terbatas pada perizinan bidang UMKM saja melainkan juga pada perizinan lainnya, salah satunya IMB,” ujar Benni.

Benni berharap ke depannya kerja sama juga dapat dijalin dengan berbagai instansi lainnya seperti Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam rangka memudahkan dan mendekatkan layanan perizinan bagi pelaku UMKM di wilayah Ibu Kota.

Menurutnya masih banyak pelaku UMKM yang ingin memasarkan produknya di minimarket atau toko- toko retail lainnya namun terkendala karena produknya belum memiliki sertifikat Halal dan sertifikat BPOM.

"Berkolaborasi menjadi kunci keberhasilan berbagai program pemerintah, diharapkan dengan banyaknya program kolaborasi yang dilakukan maka akan semakin banyak pula warga yang benar-benar merasakan bahwa di Jakarta, Urus Izin Sendiri itu Mudah,” tambahnya. 

Sementara itu Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Auliansyah Lubis menekankan peran serta masyarakat dalam kesuksesan program kolaborasi ini sangat diperlukan. Oleh karena itu, pihaknya juga menggandeng unsur masyarakat dari tingkat RW hingga Kecamatan untuk mengajak warga di lingkungannya kembali berkreasi namun tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan menjalankan UMKM yang bisa meningkatkan taraf ekonomi keluarga.

“Kami akan mengajak masyarakat yang ada di Kampung Tangguh Jaya untuk berkreasi, melakukan hal yang bisa meningkatkan ekonomi sehingga apa yang diharapkan pemerintah terhadap UMKM dapat berjalan dengan baik,” kata Auliansyah.

Dia mengapresiasi inovasi layanan AJIB yang dihadirkan gratis oleh Pemprov DKI Jakarta melalui DPMPTSP, yang menurutnya dapat meminimalisir adanya kerumunan orang di titik layanan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta. Pasalnya, AJIB dapat melakukan pelayanan perizinan secara end to end process, langsung di rumah/kantor pemohon. 

“Pada masa pandemi ini, kehadiran inovasi layanan AJIB bukan saja untuk memudahkan, melainkan juga dapat menghindari kerumunan pemohon perizinan di kantor penyelenggaraan pelayanan publik karena AJIB secara langsung hadir di rumah/kantor pemohon untuk membantu perizinan yang dibutuhkan oleh warga,” ujarnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini