Kronologi Pasien Covid-19 Mengamuk Akibatkan 2 Satpam Rumah Sakit Tertular

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Kamis 24 Juni 2021 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 338 2430326 kronologi-pasien-covid-19-mengamuk-akibatkan-2-satpam-rumah-sakit-tertular-8VTuKRAOHH.jpg Foto: Tangkapan layar video viral.

JAKARTA - Viral di media sosial video pasien positif Covid-19 mengamuk di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dirut RSUD Pasar Minggu, dr. Yudi Amiarno membenarkan kejadian tersebut.

"Benar terjadi di IGD RSUD Pasar Minggu Jakarta Selatan," ujar dr. Yudi dalam keterangannya melalui akun Instagram @rsudpasarminggu, Kamis (24/6/2021).

Yudi menjelaskan kejadian tersebut berawal seorang pasien yang disebutnya sebagai ‘Tuan X' (38) mendatangi IGD RSUD Pasar Minggu pada (18/6/2021) pukul 10.00 WIB. Pria tersebut membawa hasil swab PCR konfirmasi positif Covid-19.

Kemudian, pasien dilakukan assesment oleh tim triase lalu dipindahkan ke ruang transit pukul 14.00 WIB untuk dilanjutkan pelaksanaan sesuai dengan pedoman.

Baca juga: Beredar Video Kerumunan Massa di Stadion Patriot, Ini Kata Anak Buah Pepen

"Kondisi ruang transit IGD pada saat itu dalam posisi penuh. Tanggal (19/6/2021) jam 09.00 WIB, pasien tiba-tiba menyerang petugas secara verbal maupun motorik," jelasnya.

Yudi menyebut petugas dalam video tersebut berusaha menenangkan pasien dengan upaya edukasi. Namun, pasien tidak koperatif dan tetap berusaha menyerang petugas.

Hal itu membuat dokter memanggil petugas keamanan untuk membantu menenangkan pasien. Sementara itu, posisi tim keamanan saat itu sedang berada di luar zona merah.

"Karena kondisi pasien yang tidak tenang sehingga tim security masuk dalam zona merah tanpa sempat menggunakan APD level 3. Pasien dilakukan viksasi dengan bantuan alat restrain. Penyerangan menyebabkan hazmat yang digunakan oleh dokter jaga saat itu sobek sehingga dokter harus segera mengganti hazmat,” pungkasnya.

Baca juga: Heroik! Bermodal APD, Wakapolrestro Jaksel Evakuasi Warga Kritis Akibat Covid-19

Sementara itu, Kapolsek Pasar Minggu Kompol Bambang Handoko mengatakan bahwa dua satpam tersebut terpapar Covid-19 akibat kejadian tersebut. "Menurut informasi kepala puskesmas (Kecamatan Pasar Minggu) satpam itu sudah terpapar Covid-19," ujar Bambang.

Sebagaimana diketahui, dalam video yang diunggah akun Instagram @suryoprabowo2011 pada Rabu (23/6/2021), seorang pria mengamuk. Pasien itu dipegang oleh perawat ber-APD dan dua orang satpam tanpa APD.

"Kasian securitynya, enggak pake pakaian APD tapi harus menangani pasien yang mengamuk di IGD RSUD Pasar Minggu, Jakarta, karena belum dapat kamar," tulis akun @suryoprabowo2011.

Terlihat pria memakai baju kemeja biro dongker tersebut berusaha memberontak. Namun, petugas keamanan dan perawat berhasil meredam.

"Ambil borgol, ambil borgor," suara seorang petugas keamanan dalam video.

Selain itu terlihat salah seorang perawat memegangi alat infus pasien terkonfirmasi itu. Kemudian salah seorang petugas meminta bantuan melalui handietalky.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini