Masjid Al Azhar Tetap Gelar Sholat Jumat, Begini Suasananya

Ari Sandita Murti, Sindonews · Jum'at 25 Juni 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 338 2430929 masjid-al-azhar-tetap-gelar-sholat-jumat-begini-suasananya-ApBDKlQZoF.jpg Foto: MNC Portal

JAKARTA -Pemprov DKI Jakarta melarang umat muslim menggelar Sholat Jumat di masjid kawasan Jakarta, khususnya yang masuk zona merah hingga 5 Juli 2021 mendatang. Dari sekian banyak masjid, Masjid Agung Al-Azhar salah satu yang masih tetap menggelar Sholat Jumat.

(Baca juga: Melawan Divonis 4 Tahun, Habib Rizieq Ajukan Banding Pekan Depan)

Berdasarkan pantauan, suasana Sholat Jumat di masjid tersebut tampak khidmat meski jumlahnya dibatasi sebagaimana hari biasanya. Masyarakat pun tak sedikit yang mengikuti kegiatan Sholat Jumat meski tetap mengikuti aturan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum pelaksanaan sholat.

(Baca juga: Waspada! Covid-19 Varian Delta Asal India Menular saat Papasan Dalam 5 Detik)

Salah satu jamaah, Prasetyo (27) mengatakan, dia bersyukur masih bisa melaksanakan kegitan Shalat Jumat pada suasana pandemi ini, apalagi pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk tidak melaksanakan kegiatan tersebut di masjid yang masuk kategori zona merah. Sebabnya, kawasan Masjid Al-Azhar memang tak masuk kawasan zona merah.

"Kalau saya lihat sih sudah baik yah, artinya cek suhu dan protokol kesehatannya tetap berjalan di sini, di tiap lantai juga ada hand sanitizernya, termasuk jaga jaraknya meski jumlah jamaahnya tak begitu banyak dibandingkan hari biasa," ujarnya di lokasi, Jumat (25/6/2021).

Menurutnya, kegiatan Sholat Jumat di Masjid Al-Azhar kali ini terbilang tak begitu ramai jamaahnya lantaran pihak pengelola pun membatasi jumlah jamaahnya lebih ketat. Meski angka kasus positif Covid-19 cukup tinggi, tapi dia tetap mau melaksanakan Sholat Jumat selama tempatnya bukanlah zona merah.

"Selagi bisa kenapa tidak (Sholat Jumat), selama kita tetap menaati aturan protokol kesehatan Insya Allah baik-baik saja yah," katanya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar, Iding menerangkan, Shalat Jumat di Masjid Al-Azhar tetap digelar dengan jumlah kapasitas jamaah dibatasi sebanyak 25 persennya saja atau 250 orang dari kapasitas normal sebanyak 1.000 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini