Rektor IPB University Arif Satria Kembali Positif Covid-19

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 25 Juni 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 338 2430931 rektor-ipb-university-arif-satria-kembali-positif-covid-19-wFMY3369Ht.jpg Rektor IPB University Arif Satria. (Foto: dok. pribadi)

BOGOR - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University Arif Satria kembali dinyatakan positif Covid-19. Hal itu diketahui berdasarkan swab tes PCR.

"Meskipun kita sudah memenuhi semuanya ternyata penularan bisa datang dari mana saja. Seperti halnya yang terjadi pada diri saya, ternyata berdasarkan hasil PCR saya terkonfirmasi kembali positif Covid-19," kata Arif, dalam keterangan resminya, Jumat (25/6/2021).

BACA JUGA: Rektor IPB Arif Satria Positif Covid-19

Arif menceritakan bahwa dirinya kerap rutin melakukan swab antigen maupun PCR sebelum melakukan aktivitas yang memang tidak bisa ditunda. Akan tetapi, beberapa hari terakhir dirinya terlacak telah melakukan kontak erat dengan seseorang yang keluarganya terkonfirmasi positif covid-19.

"Dalam enam hari ini saya telah melakukan 4 kali swab dan terakhir kemarin siang, Kamis 24 Juni 2021 dengan hasil test swab antigen non-reaktif (negatif), namun karena saya berkontak dengan seseorang yang ternyata anggota keluarganya terkonfirmasi positif Covid-19 maka saya harus mengikuti prosedur tracing contact yang atas masukan Klinik IPB dilakukan dengan PCR agar lebih akurat," bebernya.

BACA JUGA: Sektor Pertanian Jadi Lokomotif Ekonomi RI di Tengah Pandemi Covid-19

Dari situ, diketahui bahwa hasil swab PCR dinyatakan positif covid-19. Arif pun meminta kepada semua orang yang merasa kontak erat dengannya dalam kurun waktu 5 hari terakhir untuk memeriksakan diri.

"Saya merasa perlu memberitahukan hal ini agar siapapun yang berkontak erat dengan saya dalam kurun waktu 5 hari ke belakang dapat segera memeriksakan diri. Atas situasi yang tidak diinginkan ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya," ungkap Arif.

Kepada kampusnya, Arif berharap agar agenda kerja yang sudah direncanakan tetap berjalan dengan baik. Apabila tidak bisa melalui online, untuk dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Saya berharap seluruh warga IPB tetap sehat dalam menjalankan aktivitas yang padat. Terus berupaya menjaga kesehatan pribadi maupun keluarga. Semoga agenda kerja yang sudah direncanakan tetap dapat dijalankan dengan baik dan jika terpaksa dilaksanakan secara WFO mohon untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan ketat mengacu pada kebijakan pemerintah dan arahan Crisis Center IPB," pintanya.

Di sisi lain, Arif mengimbau kepada masyarakat khususnya keluarga IPB University untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Tak terkecuali bagi mereka yang sudah menerima vaksinasi covid-19.

"Saya perlu mengingatkan kepada diri saya pribadi dan handai taulan bahwa walaupun sudah mendapat vaksinasi lengkap kita tetap harus menegakkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker secara baik dan benar, menjaga jarak, mencuci tangan lebih sering, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan serta terus berdoa memohon lindungan Allah SWT," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini