Covid-19 Melonjak, Rusun Pasar Rumput Bakal Tampung Pasien Tanpa Gejala

Dominique Hilvy Febiani, MNC Media · Jum'at 25 Juni 2021 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 338 2430969 covid-19-melonjak-rusun-pasar-rumput-bakal-tampung-pasien-tanpa-gejala-sGtre4fssB.jpeg Rusun Pasar Rumput. (Foto: Istimewa/Dok Okezone.com)

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melakukan langkah antisipasi dalam menghadapi melambungnya kasus Covid-19 di Ibu Kota. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa dalam waktu dekat, Rusun Pasar Rumput siap menampung pasien tanpa gejala atau OTG.

“Kita tau bahwa Wisma Atlet sudah hampir penuh, beberapa waktu kita sudah siapkan rusun di Nagrak ya, di Cilincing, dan sekarang kita siapkan di sini di Pasar Rumput dan tempat-tempat lain di wilayah Jakata,” ujar Riza kepada wartawan saat meninjau Rusun Pasar Rumput, Jum’at (25/6/2021).

Ia menyatakan bahwa terdapat 3 tower di Rusun Pasar Rumput yang sedang dipersiapkan guna menampung pasien Covid-19.

Baca juga: Cegah Penumpukan Pasien, RSDC Wisma Atlet Andalkan Call Centre

“Dalam waktu cepat siap, dalam seminggu ke depan siap dalam bertahap. Tower 1 diutamakan nanti seterusnya tower 2 dan tower 3,” ucap Riza.

Riza mengatakan bahwa Rusun Pasar Rumput merupakan langkah antisipasi jika Wisma Atlet penuh. Ia menargetkan Rusun Pasar Rumput bisa rampung secepatnya untuk antisipasi melambungnya angka pasien Covid-19 di Jakarta.

Baca juga: Bertambah 18.872, Kasus Covid-19 Hari Ini Menurun dari Jumlah Kemarin

“kita berupaya untuk tidak sampai terkejar oleh jumlah pasien jadi kita harus siapkan sebelum adanya peningkatan jumlah pasien,” kata Riza. 

Riza mengatakan bahwa pihaknya telah berupaya menunjang fasilitas kesehatan guna mengoptimalkan penanganan pasien Covid-19. “Jadi kecepatan penyiapan berbagai fasilitas dukungan termasuk nakes itu harus lebih cepat dan lebih baik dari lonjakan covid sekalipun kita tau lonjakan Covid luar biasa hari ini dan ini angka yg tinggi sekali dalam perjalanan covid 1.5 tahun ini,” kata Riza. 

Wagub DKI merinci jumlah kamar di Tower I, II dan III yang digunakan untuk isolasi pasien Covid-19 mencapai 1.984 kamar. Satu kamar akan diisi empat tempat tidur sehingga total kapasitasnya mencapai 7.936 tempat tidur.  

Riza mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

“sekali lagi kami sampaikan kepada masyarakat disiplin dan waspada tempat terbaik tetap di rumah, jangan ke luar, dan yg tidak kalah penting laksanakan prokes 3M 4M 5M memakai masker jaga jarak cuci tangan hindari kerumunan hindari interaksi hindari mobilitas dan sebagainya. Ikuti apa yg sudah digariskan dijelaskan diputuskan satgas covid,” imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini