RSDC Wisma Atlet Benarkan Ada Pasien Masih Positif Dipulangkan, Ini Alasannya

Jonathan Nalom, MNC Media · Jum'at 25 Juni 2021 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 338 2431023 rsdc-wista-atlet-benarkan-ada-pasien-masih-positif-dipulangkan-ini-alasannya-YIN9U0hbez.jpeg Wisma Atlet. (Foto: Antara)

JAKARTA - Koordinator Humas Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Mintoro Sumego menjelaskan mengenai banyaknya narasi terkait pasien yang beredar di publik. Salah satunya menyangkut dipulangkannya pasien ketika masa isolasi belum selesai.

Mintoro menegaskan, pemulangan pasien sebelum masa isolasi selesai tersebut berdasarkan pantauan dari keadaan klinis kondisi setiap pasien.

“Jadi tensi, nadi, suhu dan saturasi adalah hal yang wajib dilaksanakan,” ujarnya.

Mintoro mengatakan, pada praktiknya para pasien akan menjalankan isolasi selama sepuluh hari. Namun katanya, pada hari ke-7 pasien banyak terlihat dalam kondisi yang bagus.

Baca juga: Virus Corona Menggila, Ini Deretan Pejabat Daerah yang Pernah Positif Covid-19

Mereka yang tergolong dalam kondisi bagus akan bisa diarahkan untuk pulang. Hal ini meskipun pada kondisi pasien tersebut masih terdeteksi virus Covid-19.

“Rata-rata di hari ke-7 sudah bagus dan kita pun kita periksa hasil PCR-nya memang masih ada yang positif, tapi CT-value sudah sangat tinggi dan tidak ada gejala,” imbuhnya

Mintoro menjelaskan bahwa pemulangan pasien yang tergolong kondisi bagus ini nantinya juga akan mendapat persetujuan dari DPJP. Sebab, katanya, masih banyak pasien antre yang saturasinya sangat rendah dan diperlukan penanganan. 

Baca juga: Polda Jateng Bagikan 35.000 Paket Sembako untuk Warga Terdampak Pandemi

“Kalau sudah tinggi kita bisa pulangkan, tentu dengan persetujuan DPJP. Karena makin banyak ini sekarang yang mau masuk di wisma atlet CT-valuenya 17 sampai dibawah 20.” ujarnya 

Kemudian, para pasien yang tergolong kondisi bagus dan dipulangkan ditegaskan akan melakukan isolasi mandiri tambahan. Mereka akan menjalani isolasi selama 14 hari sejak dipulangkan dari rumah sakit.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini