Masjid Jayakarta Ludes Terbakar, Tidak Ada Korban Jiwa

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Rabu 30 Juni 2021 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 338 2433272 masjid-jayakarta-ludes-terbakar-tidak-ada-korban-jiwa-Qaqk93SADv.jpg Kebakaran Masjid Jayakarta (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Masjid Jayakarta di kawasan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Jalan Rawa Gelam II, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung ludes terbakar pada Rabu (30/6/2021). Kerugian akibat peristiwa tersebut ditaksir mencapai Rp500 juta, beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Kasi OPS Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, kebakaran terjadi saat seorang petugas cleaning servis bertugas membersihkan masjid.

"Kronologi awalnya cleaning servis saat bertugas melihat api dari tempat imam. Saat ditinggal melapor ke pengurus Masjid api sudah membesar," kata Gatot di Cakung, Jakarta Timur, Rabu (30/6/2021).

Warga setempat yang melihat kejadian itu langsung melakukan penanganan sebelum petugas Damkar Jakarta Timur datang ke lokasi. Namun upaya itu tak dapat menyelamatkan bangunan masjid.

tujuh unit mobil pompa berikut 35 personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur dikerahkan ke lokasi setelah menerima laporan dari warga.

"Kita mulai pemadaman pukul 09.50 WIB, selesai pukul 11.06 WIB. Alhamdulillah tidak korban, api berhasil dipadamkan dan tidak sampai merembet ke bangunan lain di sekitar lokasi," ujarnya.

Baca Juga : Jelang HUT Ke-75 Polri, Ini Sejumlah Catatan yang Perlu Dihadapi

Gatot menuturkan, luas area Masjid JIEP Jayakarta yang terdampak kebakaran sekitar 1.000 meter persegi, sementara total kerugian materil diperkirakan mencapai sekitar Rp500 juta.

Hasil pemeriksaan sementara jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur kebakaran pada Masjid JIEP Jayakarta akibat korsleting lalu merembet.

"Untuk penyebab kebakaran diduga akibat korsleting dari bagian imam di Masjid JIEP Jayakarta," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini