Dinkes Bekasi Terus Telusuri Masuknya Varian Baru Covid-19

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Jum'at 02 Juli 2021 08:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 338 2434231 dinkes-bekasi-terus-telusuri-masuknya-varian-baru-covid-19-ld4W5oya3m.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

BEKASI – Buntut maraknya penyebaran Covid-19 di Kota Bekasi, Dinas Kesehatan Kota Bekasi terus menelusuri penyebaran virus corona yang begitu masif. Meski begitu, belum dipastikan apakah virus yang menginfeksi warga Bekasi belakangan ini merupakan Covid-19 varian baru, seperti alpha, beta, delta, dan gamma.

Namun salah satu varian ini disebut-sebut sudah merangsek ke Bekasi.

"Belum dipastikan ini varian Covid. Tapi, kami akan berdiskusi dengan tim dokter spesialis guna mencari tahu kemungkinan masuknya varian baru di Kota Bekasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, Jumat (2/7/2021).

Menurut dia, pemerintah daerah terus mengantisipasi penularan yang begitu cepat dua pekan terakhir ini apakah masuk varian Delta atau varian lainya. "Kita akan mengundang sesegera mungkin tim kesehatan dan dokter-dokter spesialis untuk mendapatkan informasi yang lehih jelas, kalau memang ini varian baru sangat berbahaya,” ujarnya.

Tanti menjelaskan, saat ini proses analisis dengan menggunakan metode whole genome sequencing (WGS) di laboratorium sebelum pihaknya mencapai kesimpulan mengenai jenis varian Covid-19 di wilayahnya. Untuk itu, timnya masih menelusuri dan mengecek langsung ke pasien yang terpapar.

Baca Juga : Pemkot Jaksel Siagakan Puluhan Petugas Pemulasaran Jenazah di Tiap Kecamatan

"Apakah ini varian baru yang memang sekarang sedang cukup lumayan santer, Delta atau jenis yang lain, tapi kami tidak bisa dulu menyimpulkan karena harus terlengkapi semua datanya,” tuturnya.

Untuk itu, Tati meminta masyarakat Bekasi untuk tetap mengetatkan protokol Kesehatan dan tetap berdiam di rumah agar terhindar dari penyebaran corona.

Baca Juga : Pemerintah Terapkan PPKM Darurat, Apa Bedanya dengan PPKM Mikro dan PSBB?

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini