Anies Baswedan: Sepakat atau Tidak Pandemi Telah mengubah Keadaan

Widya Michella, MNC Media · Minggu 04 Juli 2021 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 04 338 2435252 anies-baswedan-sepakat-atau-tidak-pandemi-telah-mengubah-keadaan-1dXYTyHe0j.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

JAKARTA - Mengutip puisi KH Gus Mus, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan pandemi Covid-19 telah banyak mengubah keadaan di mana pemberlakuan pembatasan kegiatan di seluruh dunia.

"Saya jadi teringat dengan puisi dari kyai haji Mustofa Bisri, sepakat atau tidak pandemi telah merubah keadaan Mekah jadi sepi, Madinah sunyi Ka'bah yang mulia dipagari banyak masjid yang ditutup untuk salat Jumat dan shalat fardhu," papar Anies dalam acara dzikir, doa dan muhasabah BPU DPW PKS DKI Jakarta secara virtual, Minggu,(04/07/2021).

Ia menambahkan umroh ditiadakan dan haji hanya dilakukan untuk kalangan terbatas dengan jumlah yang dibatasi. Selain itu, jabat tangan setelah sholat yang biasanya dilakukan diganti dengan isyarat tangan atau tangan yang mengepal.

"Ketika corona datang dia membawa pesan yang tidak tertulis seolah-olah ritual itu rapuh di tengah-tengah masyarakat. Orang berlari mencari perlindungan meminta pertolongan kepada yang maha kuasa Allah SWT,"papar Anies.

Ia pun mengajak para hadirin untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT agar Jakarta, Indonesia dapat diangkat wabah Covid 19.

"Angkatlah wabah ini dan kembalikanlah kita dari kehidupan keseharian. Kehidupan dimana interaksi antar keluarga antar masyarakat, antar tetangga bisa berjalan kembali dengan baik,"harapnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini