Waiting List Ruang Rawat Inap RS di Bintaro Capai 225 Orang

Hasan Kurniawan, Okezone · Rabu 07 Juli 2021 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 338 2436901 waiting-list-ruang-rawat-inap-rs-di-bintaro-capai-225-orang-4iqWBBrMwZ.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

TANGERANG SELATAN - Penyebaran Covid-19 di kawasan perumahan elite Bintaro Jaya, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), melonjak.

Sejak awal Juni hingga berlangsungnya PPKM Darurat, jumlah warga yang terpapar terus mengalami peningkatan. Alhasil, rumah sakit penuh. Bahkan, untuk rawat inap harus tunggu antrean.

Seperti di RS Premier Bintaro misalnya. Sejak pandemi Covid-19 berkecamuk, RS ini selalu kebanjiran pasien. Bahkan, membuka daftar tunggu hingga ratusan.

"Mohon maaf banget mas. Super full banget. Waiting list sampai hari ini sudah 225 orang. UGD juga membludag," kata Manager Marketing RSPB Pringgondani, kepada MNC Portal, Rabu (7/7/2021).

Kata dia, cukup banyak pasien yang datang akhirnya dirujuk ke RS lain, tetapi penuh juga. Karena itu, banyak pasien yang tidak bisa ditangani dan dirawat.

"Kamar rawat inap isolasi Covid-19 mas, penuh semuanya. Kami padahal hanya ada sekira 40 bed. Kebanyakan pasien dari cluster keluarga. Banyak banget mas, naiknya sekira 300%," tuturnya.

Baca Juga : IGD RSUD Pasar Minggu Disulap Jadi Ruang Rawat Pasien Covid-19

Meski pemerintah telah memberlakukan PPKM Darurat, nyatanya kasus Covid-19 masih belum mengalami penurunan. Hal ini nampak dari makin tingginya permintaan rawat inap pasien Covid-19.

Sementara, RSUD Pasar Minggu menjadi salah satu tempat isolasi pasien terpapar Covid-19. Namun, saat ini jumlah pasien sudah memenuhi kapasitas sehingga ruang IGD pun dipakai sebagai tempat perawatan pasien.

"Pagi ini laporannya ada 365 tempat tidur dalam kondisi terisi semua dan di IGD juga sudah kita ganti menjadi ruang rawat," ujar Direktur Umum (Dirut) RSUD Pasar Minggu, dr. Yudi Amiarno.

Menurutnya, di IGD RSUD Pasar Minggu sudah diganti menjadi ruang perawatan untuk pasien Covid-19. Namun, ruangan di IGD pun tetap sama sudah terisi penuh oleh pasien yang terpapar Covid-19.

Alhasil, kata dia, salah satu cara untuk mengantisipsi penuhnya pasien Covid-19 yang masuk ke RSUD Pasar Minggu dengan menunggu pasien di ruang perawatan sembuh dan dibolehkan kembali pulang. Lantas, pasien yang ada di IGD dipindahkan ke ruang perawatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini