Share

Berikut Nama-Nama Pahlawan dari Jakarta

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 09 Juli 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 338 2437771 berikut-nama-nama-pahlawan-dari-jakarta-qF5ajmrC7R.jpg Ismail Marzuki (foto: ist)

JAKARTA - Sejarah panjang Ibu Kota tidak luput dari aksi heroik para pahlawan nasional. Berikut daftar pahlawan kelahiran Jakarta yang memiliki jasa besar bagi bangsa dan negara.

1. Ismail Marzuki

Putra Betawi pencipta lagu Indonesia Pusaka ini lahir di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat, dan meninggal di Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Semasa hidupnya Ismail menciptakan sekitar 200 lagu.

Baca juga:  Surat Cinta Bung Tomo, "Jeng Lies Aku Cinta Padamu, Aku Rindu Padamu"

Lagu ciptaannya terkenal hingga negara tetangga bahkan Eropa. Beberapa lagu ciptaaannya diantaranya : Sarinah, Ali Baba Rumba, Olhe Lheu, Bisikan Tanah Air, Indonesia Pusaka, mars Gagah Perwira, serta Rayuan Pulau Kelapa. Pada 2004, Ismail Marzuki pun diangkat menjadi pahlawan nasional.

2. Muhammad Hoesni Thamrin/ M H Thamrin

M.H Thamrin lahir dan tinggal di daerah Sawah Besar, Jakarta Pusat. Ia anggota Gemeenteraad Batavia atau Dewan Kotapraja Betawi pada usia 25 tahun dan mulai memperjuangkan kehidupan masyarakat pribumi.

Baca juga:  Napak Tilas Perjuangan Jenderal Sudirman di 5 Museum

Ia membangun berbagai fasilitas publik seperti sekolah untuk rakyat, membangun sarana kesehatan, memasang penerangan jalan, dan membangun kanal untuk mencegah banjir dari sungai Ciliwung.

Kemudian M.H. Thamrin diangkat menjadi wakil walikota Batavia dan selanjutnya menjadi Dewan Pertimbangan Rakyat. MH Thamrin diangkat sebagai pahlawan nasional pada 28 Juli 1960.

3. W.R Supratman

W.R Supratman merupakan pengarang lagu kebangsaan Indonesia Raya. Ia lahir di Jatinegara pada Maret tahun 1903. W.R Supratman menciptakan lagu kebangsaan dalam usia yang cukup muda, yaitu 21 tahun.

Lagu ini kemudian diperdengarkan pada malam penutupan kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928. WR Supratman ditangkap polisi Belanda ketika menyiarkan lagu ciptaannya yang terakhir berjudul Matahari Terbit pada awal bulan Agustus 1938.

Kemudian ia ditahan di Penjara Kalisosok Surabaya dan meninggal karena sakit pada 1938. W.R Supratman ditetapkan sebagai pahlawan nasional dari Jakarta pada tahun 1971.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut


4. Kapten CZI Anumerta Pierre Tendean

 

Lahir di Jakarta pada 21 Februari 1939 dan wafat pada usia yang sangat muda yaitu 26 tahun pada peristiwa G30SPKI. Sebelum wafat, Kapten CZI Anumerta Pierre Tendean pernah ditugaskan di Dinas Pusat Intelijen Angkatan Darat (DIPIAD) untuk menjadi mata – mata untuk menyusup ke Malaysia pada saat terjadinya konfrontasi antara Indonesia dan Malaysia. Pierre Tendean diangkat sebagai pahlawan nasional dari Jakarta pada 5 Oktober 1965.

Disamping tokoh yang bergelar pahlawan nasional, ada pula pahlawan-pahlawan seni asal Betawi yang berjasa membangkitkan kesenian Betawi diantaranya:

1. Ahmad Sofyan Jaid (Tokoh Sohibul Hikayat)

Ia membangkitkan seni betawi melalui salah satu sastra lisan ‎Betawi yang sumbernya dari Timur Tengah.

2. Mak Kinang dan Kong Djioen (Tokoh Topeng Betawi‎)

Mak Kinang dan Kong Djioen adalah pencipta pertama tari topeng Betawi yang diperkenalkan pada 1930. Tari topeng Betawi disebut-sebut terinspirasi oleh tari topeng Cirebon.

3. Markum (Tokoh Lenong Betawi)

Ia merupakan tokoh yang menghidupi Lenong Betawi. Nama seniman Betawi ini pernah mencuat di layar televisi bersama dengan Naserin, H Tile, Bu Siti, Anen, dan M Toha.

4. Sa'abah (Tokoh Rebana Biang)

 

Ia merupakan tokoh yang mempopulerkan rebana biang. Reban‎a biang sendiri merupakan kesenian Betawi yang terkadang ikut menyertakan silat Cingkrik.

5. Samad Modo dan Jali Jalut (Tokoh Gambang Kromong dan Lenong)

 

Mereka merupakan tokoh yang menghidupi gambang kromong serta lenong Betawi. Gambang kromong di Betawi biasa dikenal dengan gambang rancag. Dwi Haryani/Litbang MPI (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini