Separuh Warga Jakarta Sudah Terinfeksi Covid-19, Paling Banyak Perempuan dan Orang Gemuk

Hasan Kurniawan, Okezone · Sabtu 10 Juli 2021 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 10 338 2438622 separuh-warga-jakarta-sudah-terinfeksi-covid-19-paling-banyak-perempuan-dan-orang-gemuk-d6UWuAj83y.jpg Pandu Riono. (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA - Hasil mengejutkan diungkap penelitian serologi Covid-19 di DKI Jakarta. Ternyata, hampir separuh warga DKI Jakarta pernah terinveksi Covid-19.

Tim peneliti dr Pandu Riono menyatakan, sebanyak 5.000 orang dilibatkan untuk mengetahui prevalensi antibodi positif Covid-19 di DKI Jakarta, dengan hasil 44,5% warga ibu kota itu telah terinveksi. 

"Dari jenis kelaminnya, perempuan lebih tinggi 47,9% dan laki 41,0%, dan hampir menyebar pada semua kelompok anak, mulai dari balita," kata Pandu, saat zoom meeting hasil survei, Sabtu (10/7/2021).

Baca juga: Moeldoko Akui Target Penurunan Mobilitas PPKM Darurat Belum Tercapai

Dari survei itu juga terungkap, bahwa virus Covid-19 menyerang semua kelompok usia. Tidak hanya lansia yang cukup rentan, tetapi juga perempuan.

"Jadi tidak benar hanya menyerang para lansia. Tetapi hampir semua penduduk, termasuk anak. Berdasarkan wilayah, merata hampir semua terinveksi dan tertinggi di Jakpus 53,7%," sambungnya.

Baca juga: 23 Warga di Jaktim Meninggal Dunia saat Isolasi Mandiri

Dari penelitian ini juga diketahui, bahwa warga yang telah menikah lebih rentan tertular dan mereka yang tinggal di wilayah pemukiman kumuh juga lebih rentan tertular dari perumahan mewah.

"Dilihat dari karakteristik penduduknya, ternyata penduduk yang lebih gemuk yang lebih mudah terinveksi," tukasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini