Kewalahan Makamkan Jenazah Seberat 300 Kilogram, Warga Jaktim Minta Tolong Damkar

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Selasa 13 Juli 2021 21:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 338 2440194 kewalahan-makamkan-jenazah-seberat-300-kilogram-warga-jaktim-minta-tolong-damkar-MFWocX5wAy.jpg Petugas Damkar Jaktim evakuasi jenazah warga di Duren Sawit, Jakarta Timur (Foto: Okto Rizki Alpino)

JAKARTA - Jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur membantu proses pemakaman seorang warga berinisial AF (25) di Kecamatan Duren Sawit yang meninggal dunia pada Senin (12/7/2021).

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, pihaknya memberikan bantuan lantaran warga kesulitan melakukan proses pemakaman.

"Warga kesulitan mengevakuasi karena berat jenazah sekitar 300 kilogram, sehingga meminta bantuan pemadam kebakaran untuk evakuasi dibawa ke makam," kata Gatot di Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga:  Gajah 'Patah Hati' Rela Berjalan 15 Mil Demi Hadiri Pemakaman Sahabat Manusianya

Dalam proses evakuasi tersebut, pihaknya menerjunkan delapan personel untuk memindahkan jenazah AF dari kamar tidur ke ruang tamu kemudian dimasukkan ke dalam peti mati.

"Hari ini evakuasi kita lanjutkan, jenazah dibawa dari rumah duka ke pemakaman. Tadi kita mulai evakuasi dari pukul 08.00 WIB dibantu pihak keluarga dan warga setempat," ujarnya.

Gatot memastikan, jenazah AF yang dievakuasi bukan meninggal dunia karena Covid-19. Kendati demikian, pihaknya tetap menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai protap yang berlaku.

"Pemakaman AF berlangsung hingga pukul 13.30 WIB. Anggota membantu proses pemakaman dengan menurunkan peti jenazah ke liang lahat. Penurunan jenazah menggunakan perlengkapan evakuasi anggota Damkar, Alhamdulillah proses pemakaman lancar," tuturnya.

Baca Juga: Demi Penghematan dan Antikorupsi, China Larang Pesta Ulang Tahun hingga Pemakaman

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini