Belasan Warga Kayuringin Jaya Bekasi Meninggal saat Isolasi Mandiri

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Jum'at 16 Juli 2021 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 338 2441906 belasan-warga-kayuringin-jaya-bekasi-meninggal-saat-isolasi-mandiri-RJ0W4QYqmM.jfif Ilustrasi (Dok Okezone)

BEKASI – Warga Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri (isoman) Covid-19, kemarin. Sejak awal pandemi, pihak kelurahan menyebut belasan warganya meninggal dunia saat isoman.

"Ada belasan warga yang terkomfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri di rumah,” kata Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar, Jumat (16/7/2021).

Menurut dia, data tersebut terhitung sejak awal pandemi pada Maret 2020. Kemudian, sejak gelombang kedua, angkanya kembali melonjak.

"Saya belum tahu data pastinya. Paling baru belasan sih. Kemarin ada 1 orang yang meninggal di rumah,” ucapnya.

Mayoritas dari warga tersebut meninggal lantaran enggan dirawat di fasilitas kesehatan yang disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Banyak dari mereka yang merasa lebih nyaman dirawat di rumah.

"Memang sebenarnya problemnya adalah warga itu memang sudah kita arahkan di triase yang ada di RSUD maupun di GOR. Fasilitas sangat bagus, cuman warga merasa kekeuh nyamannya di rumah. Kalau di rumah merasa homie untuk makan, masak ada yang ngurusin. Merasa nyamanlah bersama keluarga,” ujarnya.

Baca Juga : 2 Ribu Tempat Tidur Tambahan Disiapkan di Jakarta untuk Pasien Covid-19

Padahal mereka memiliki penyakit penyerta sehingga harus dirujuk ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Ketika kondisinya menurun, fasilitas kesehatan yang tersedia di rumahnya tak mampu menyelamatkan nyawa pasien. Meski ruang perawatan di seluruh rumah sakit penuh, setidaknya penanganan di tenda darurat bisa diupayakan para tenaga kesehatan.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini