Ketika Anies Jadi Imam Sholat Idul Adha dan Anaknya Jadi Khatib

Jonathan Nalom, MNC Media · Selasa 20 Juli 2021 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 338 2443338 ketika-anies-jadi-imam-sholat-idul-adha-dan-anaknya-jadi-khatib-FRDeEz534W.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Sholat Idul Adha bersama keluarga (Foto: Instagram Anies Baswedan)

JAKARTA - Hari Raya Idul Adha 1442 H pada Selasa (20/7/2021) kembali harus diselenggarakan tanpa riuh masyarakat. Hal tersebut terjadi karena masih maraknya kasus aktif virus Covid-19 di Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak menampik bahwa Idul Adha kali ini bukanlah perayaan hari raya yang seperti biasanya. Dia mencontohkan munculnya gambar-gambar yang terpampang dari Tanah Suci.

“Makkah sepi, Arafah terbatas, haji terasa jauh. Rombongan berpeci tak nampak, jamaah berbahasa Indonesia tak terlihat. Haji tahun ini masih lengang,” ujarnya

Baca Juga:  Ganjar Keliling Kampung Ingatkan Prokes saat Penyembelihan Hewan Kurban

Namun, Anies memaknai momen tersebut sebagai hikmah peristiwa lain. Di tengah pandemi virus Covid-19, Anies menganggap makna perayaan Idul Adha kali ini yakni mendekatkan diri bersama keluarga.

“Pandemi ini seakan mengarahkan kita semua untuk lebih menyadari unsur keluarga dalam Idul Adha. Tahun ini, keluarga-keluarga laksanakan Sholat Idul Adha di rumah,” tulis @aniesbaswedan dalam unggahan Instagramnya, Selasa 20 Juli 2021.

Baca Juga:  35 Paspampres Jalani Tes Antigen Sebelum Sembelih Hewan Kurban

Berdasarkan unggahan tersebut terlihat, Anies bersama keluarganya menyelenggarakan Sholat Idul Adha pada kediamannya. Dia pun mengatakan dalam pelaksanaan sholat tersebut masing-masing keluarga mendapatkan peran.

“Begitu juga dengan kami sekeluarga, ayah jadi Imam Sholat Id, anak jadi khatib. Jika tidak ada pandemi, barangkali kita tidak memainkan peran-peran ini di rumah-rumah kita,” lanjutnya

Anies melanjutkan, dalam khotbahnya, Mikail Azizi membahas tentang kepemimpinan Nabi Ibrahim. Dia mengatakan, bahwa Mikail yang mengumpulkan semua bahan-bahan khotbah yang kemudian dijadikan bahan tertulis tersebut.

“Jadi rangkaian pesan penuh hikmah. Begitu banyak keluarga yang melewati proses yang sama. Selalu ada hikmah yang muncul di balik semua ini. Itulah Iduladha 1442H. Idul Adha bersama keluarga,” ungkapnya

Menutup unggahannya, Anies turut mendoakan para warga yang sedang berjuang melawan penyakit serta ditinggal kerabat terdekat. Tidak lupa, Anies juga mendoakan bagi mereka yang terhimpit ekonominya di tengah pandemi.

“Sembari menuliskan pesan ini, kami mendoakan semua. Bagi yang saat ini sedang dirawat karena sakit, semoga segera diberi kesembuhan. Bagi yang baru-baru ini kehilangan anggota keluarga, semoga diberikan kekuatan dan ketabahan. Bagi yang sedang dalam himpitan ekonomi, semoga segera dibukakan kelonggaran. Bagi yang saat ini dalam kelonggaran ekonomi, dibukakan hatinya untuk mau lebih berbagi pada yang membutuhkan,” sambungnya.

“Aamiin aamiin Allahuma Aamii. Selamat Iduladha!” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini