Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pemprov DKI Siapkan Asrama Pesantren Jadi Lokasi Isoman

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Jum'at 23 Juli 2021 22:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 338 2445143 antisipasi-lonjakan-covid-19-pemprov-dki-siapkan-asrama-pesantren-jadi-lokasi-isoman-3j6zz6RYe9.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Asrama Pesantren Modern Pondok Karya Pembangunan (PKP) Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur dialih fungsikan menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 tanpa gejala.

Lurah Kelapa Dua Wetan Sandy Adamsyah mengatakan, ruang isolasi yang dipakai untuk perawatan pasien Covid-19 tanpa gejala bakal menggunakan gedung Asrama Putra-Putri Pesantren Modern PKP milik Pemprov DKI Jakarta. 

"Daya tampung asramanya 400-500. Dalam satu kamarnya tersedia empat kasur," kata Sandy saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Jumat (23/7/2021). 

Sandy menerangkan, alih fungsi itu dipersiapkan sebagai antisipasi dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang saat ini masih berlangsung. Sarana dan prasarana untuk menunjang kebutuhan para pasien tengah dipersiapkan.

"Semua kebutuhan hingga mekanisme dan teknis sedang dipersiapakan. Jadi asrama belum digunakan. Kemarin baru ditinjau oleh anggota DPRD DKI Jakarta dari Komisi D. Di Kelurahan Kelapa Dua Wetan tempat isolasi yang disiapkan baru Asrama PKP," ujarnya.

Baca juga: Datangi Pemkot Depok, Mendagri Cek Penanganan Covid-19 dan Bansos

Untuk memastikan gedung asrama dapat dipakai, berbagai Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) Pemprov DKI Jakarta pun dilibatkan dalam penanganan pasien yang nantinya menjalani isolasi mandiri.

Jajaran Dinas Kesehatan DKI Jakarta nanti bertugas memantau kondisi pasien selama menjalani isolasi, kemudian kebutuhan logistik akan disiapkan Dinas Sosial DKI Jakarta hingga petugas jaga gabungan pun disiapkan.

"Pasien Covid-19 yang diisolasi di Asrama Putra-Putri Pesantren Modern PKP ini nanti berdasarkan rujukan dari masing-masing Puskesmas Kecamatan yang menangani kasus pasien," tuturnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini