Kartu Vaksin Jadi Syarat Masuk Pasar, Ratusan Emak-Emak Serbu Sentra Vaksinasi

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Selasa 27 Juli 2021 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 338 2446766 kartu-vaksin-jadi-syarat-masuk-pasar-ratusan-emak-emak-serbu-sentra-vaksinasi-WqvkEUitiL.jpg Emak-emak antusias ikut vaksinasi. (Foto: Okto Rizki)

JAKARTA - Ratusan ibu rumah tangga di Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur menyerbu sentra vaksinasi di sekretariat RW 10, Selasa (27/7/2021). Hal itu terjadi lantaran bukti vaksinasi Covid-19 bakal dijadikan syarat masuk ke pasar.

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan, untuk memenuhi target herd immunity, pihaknya menargetkan 1.000 kouta per hari. Dalam gelaran vaksinasi ini, sebanyak 500 warga yang didominasi emak-emak mendaftarkan diri. 

"PD Pasar Jaya mewajibkan warga untuk menunjukkan bukti vaksinasi, jadi antusiasme kaum ibu mengikuti vaksinasi melonjak," kata Rikia di Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (27/7/2021).

Dikatakan Rikia, gelaran vaksinasi ini melibatkan pihak Puskesmas Kelurahan Ciracas yang bertindak sebagai tim vaksinator. Sementara pengurus RW 10 bertindak untuk mendata warga yang hendak mengikuti vaksinasi. 

Baca juga: Tetap Prokes, Warga Antre Vaksin Gratis MNC Peduli Hari Terakhir

"Vaksinasi diselenggarakan di permukiman untuk memudahkan warga menjangkau lokasi vaksinasi, jadi lebih dekat dengan rumah warga. Vaksinasi di permukiman ini akan terus digelar berkelanjutan," ujarnya.

Romlah (45), warga RW 10 Kelurahan Ciracas mengaku tidak terganggu dengan kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang menjadikan bukti vaksinasi sebagai syarat masuk pasar tradisional. Menurutnya, kebijakan itu dapat menurunkan risiko penularan Covid-19, lantaran sudah mempunyai sistem kekebalan tubuh. 

"Sekarang kan masuk pasar atau untuk perjalanan naik bus di terminal juga syaratnya harus menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19, jadi warga antusias ikut vaksinasi Covid-19 di sini," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini