Warganet Protes Aturan Makan 20 Menit, Anies: Yang Lama Itu Ngobrolnya

Komaruddin Bagja, Sindonews · Rabu 28 Juli 2021 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 338 2447107 warganet-protes-aturan-makan-20-menit-anies-yang-lama-itu-ngobrolnya-WBrGt77cFs.jpg Anies Baswedan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Aturan baru PPKM Level 4 memperbolehkan masyarakat makan di restoran atau rumah makan, namun dibatasi selama 20 menit. Aturan itu pun viral di medsos sehingga memunculkan berbagai meme.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendukung aturan tersebut. Menurutnya, selama ini yang lama adalah waktu nongkrong dan ngobrol, bukan waktu makan. 

"Ini adalah usaha untuk mencegah penularan, jadi intinya makan secukupnya, jangan nongkrong lalu pulang, karena makan dan masker kan enggak bisa jadi satu. Anda bisa makan pake masker? Bisa enggak pake masker dan makan? Makan dan masker itu tidak pernah bisa disatukan. Saya bisa melihat kalau ada inovasi, tapi belum ada (yang fungsional),” kata Anies di Jakarta, Rabu (28/7/2021).

Anies menegaskan, warga harus meminimalkan waktu melepas masker agar tidak terjadi penularan Covid-19, termasuk untuk makan. 

"Walaupun ramai di sosmed, saya juga ditanyain bisa gak pak Anies 20 menit? Saya bilang Insya Allah bisa lah.

Kita juga kalau makan itu, makannya sih mungkin tidak terlalu lama, ngobrolnya biasanya yang panjang," ujar Anies. 

Baca juga: Satgas Optimis 2 Sampai 4 Minggu Kasus Covid-19 Terkendali, Ini Syaratnya

Anies meminta agar masyarakat dapat mengikuti aturan dari pemerintah tersebut. 

"Jadi buat saya bukan soal 10 menit 20 menit 30 menit, tapi soal sesedikit mungkin berinteraksi yang berpotensi terhadap penularan," tutupnya. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini