Viral Atraksi Topeng Monyet di Jakarta Utara, Padahal Sudah Dilarang Lama

Mohamad Yan Yusuf, MNC Portal · Rabu 28 Juli 2021 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 338 2447202 viral-atraksi-topeng-monyet-di-jakarta-utara-padahal-sudah-dilarang-lama-9RtO8Wfqx7.jpg Foto: Tangkapan layar video viral.

JAKARTA - Atraksi topeng monyet terjadi di depan RS. Koja, Jakarta Utara. Padahal atraksi ini telah dilarang, tepatnya saat Joko Widodo (Jokowi) masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Kejadian itu kemudian terekam ponsel warga, lalu diposting dan disebarluaskan oleh akun @jktinformasi pada Rabu (28/7/2021). 12 ribu pengguna Instagram tercatat sudah menontonnya.

"Meskipun telah dilarang di berbagai daerah karena dianggap mengekspolitasi satwa, pertunjukan topeng monyet masih sering digelar untuk kepentingan ekonomi," tulis akun itu dalam caption.

Baca juga: Berhasil Ditemukan, Tukang Bakso yang Viral Layani Pasien Isoman Dites PCR

Dalam video yang tersebar, terlihat monyet itu tengah menggunakan enggrang, kayu tinggi untuk beraksi. Dengan leher yang dirantai, monyet itu dipaksa beraktraksi di jalan.

“Atraksi tersebut dimanfaatkan untuk menghibur anak-anak yang ada di lingkungan tersebut," tambah si akun.

Sejumlah warganet kemudian mengecam aksi ini. Melalui laman komentarnya, mereka menyayangkan aksi topeng monyet masih tersebar di Jakarta.

"Eh ini gimana lol ada lagi nyiksa hewan suruh kerja," tulis @patricianadine1818.

Baca juga: Heboh Polisi di Lampung Utara Diduga Selipkan Barbuk Sabu saat Penangkapan

“Selain mengeksploitasi dia juga membahayakan, beberapa kali liat monyetnya hampir nyerang anak kecil yg lg nonton," tulis @baheera1507.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini