Anies Enggan Tanggapi Prediksi Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi

Tim Okezone, Okezone · Senin 02 Agustus 2021 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 338 2449469 anies-enggan-tanggapi-prediksi-jakarta-tenggelam-10-tahun-lagi-EEj3U1uACD.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto : MNC Portal Indonesia/Refi Sandi)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan tanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden soal prediksi Ibu Kota bakal tenggelam 10 tahun mendatang.

Anies mengaku, saat ini pihaknya tengah fokus dalam menangani pandemi virus corona (Covid-19).

"Kita sekarang urus Covid dulu ya," kata Anies saat launching Gerakan Vaksin Merdeka di Mapolda Metro Jaya, Minggu (1/8/2021).

Sementara itu, sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) membantah ucapan Joe Biden yang menyebut daratan Jakarta bakal tenggelam dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

"Memang di Jakarta datarannya rendah, jadi di Jakarta ada penurunan muka tanah setiap tahun. Namun, tidak berarti 10 tahun Jakarta tenggelam," tegas Ariza di Jakarta, Sabtu (31/7/2021).

Politikus Partai Gerindra itu menambahkan, Pemprov DKI Jakarta tetap mengupayakan agar Jakarta tidak tenggelam, di antaranya dengam penyedotan air tanah, pipanisasi PAM Jaya ditingkatkan agar kebutuhan air bersih semua dari PAM.

Baca Juga : Biden Sebut 10 Tahun Lagi Jakarta Tenggelam, MUI : Jangan Anggap Enteng

"Kami bersama PUPR terus membuat program percepatan pipanisasi, air bersih, air minum di Jakarta terus ditingkatkan. Mudah-mudahan ini bisa mengurangi (penurunan) muka air tanah di Jakarta. Saya kira tidak seperti yang disampaikan demikian bahwa Jakarta akan tenggelam," tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini