Mantan Gubernur DKI Soerjadi Soedirdja Wafat, Walkot Jakbar: Almarhum Orang Baik, Sederhana dan Bijaksana

Dimas Choirul, MNC Media · Selasa 03 Agustus 2021 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 338 2450169 mantan-gubernur-dki-soerjadi-soedirdja-wafat-walkot-jakbar-almarhum-orang-baik-sederhana-dan-bijaksana-Vvu1PqV1sP.jpg Mantan Gubernur DKI Soerjadi Soedirja wafat.(Foto:Wikipedia)

JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 1992-1997 Soerjadi Soedirdja dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (3/8). Sejumlah ucapan duka terlontar dari para pejabat, salah satunya Wali Kota Jakarta Barat (Walkot Jakbar) Uus Kuswanto.

Uus menganggap, almarhum adalah orang yang sederhana dan bijaksana. "Almarhum orang baik, jujur, sederhana dan bijaksana," kata Uus melalui pesan singkat, Selasa.

Lantas Uus mendoakan semoga almarhum ditempatkan tempat yang terbaik dan segala amal ibadahnya diterima di sisi Tuhan.

"Insya Alloh beliau masuk surga, semoga keluarga yg ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan. Banyak prestasi yg diukir Bliau selama menjabat sebagai gubernur DkI Jakarta," pungkasnya.

Baca Juga: Soerjadi Soedirdja, Gubernur Rumah Susun

Untuk diketahui, Soerjadi wafat di RS Mayapada Jakarta pada pagi tadi sekitar pukul 10.35 WIB, dikarenakan sakit. Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka, Jalan MPR 2 Nomor 8 A Gaharu, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Soerjadi lahir di Jakarta, 11 Oktober 1939. Ia merupakan menteri dalam negeri dan otonomi daerah era kepemimpiman Presiden Abdurrahman Wahid pada 1999 sampai 2001.

Soerjadi pernah menjabat menteri koordinator bidang politik, sosial dan keamanan pada 2000, yang diemban hanya beberapa bulan.

Selain itu, dia pernah menjadi gubernur ke-10 DKI Jakarta Raya, periode 1992 hingga 1997 pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Pada saat memimpin DKI Jakarta Raya, bersama pemerintah pusat dia juga menginisiasi jaringan subway yang terbangun pada periode-periode kepemimpinan gubernur sesudahnya. Ia juga memulai pembangunan jejaring jalan tol dalam kota dan luar kota mengelilingi DKI Jakarta yang tetap berfungsi baik hingga saat ini.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini