Kronologi Anak Akidi Tio Dilaporkan ke Polda Metro Jaya Terkait Kasus Penipuan

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 03 Agustus 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 338 2450255 kronologi-anak-akidi-tio-dilaporkan-ke-polda-metro-jaya-terkait-kasus-penipuan-EWf9YzUXjw.jpg Anak Akidi Tio (Foto : Antara)

JAKARTA - Polisi menjabarkan kronologis singkat kenapa anak Akidi Tio, Heryanty Tio sampai dilaporkan. Laporan itu berkaitan bisnis yang dilakukan Heryanti dengan pelapor berinisial JBK terkait kasus penipuan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, kronologi laporan terhadap anak Akidi Tio, Heryanty itu terjadi pada Februari 2020. JBK melaporkan Heryanty atas dugaan kasus penipuan dan penggelapan yang terjadi sejak tahun 2018 silam.

Menurutnya, saat itu Heryanty mengajak JBK untuk berbisnis, yang mana ada 3 item bisnis yang dijalankan keduanya. "Mulai dari kerjasama dalam orderan songket, kemudian juga ada orderan AC, dan satu lagi pekerjaan interior. Total semuanya Rp7,9 miliar," ujarnya pada wartawan, Rabu (3/8/2021).

Dia menerangkan, seiring berjalannya waktu, JBK mulai menagih janji Heryanty untuk membagi hasil keuntungan dari tiga bisnis tersebut. Namun, Heriyanti tidak memenuhi janjinya hingga Februari 2020. JBK pun melaporkan Heryanty ke Polda Metro Jaya.

"Sampai dengan saat ini sudah naik ke tingkat penyidikan karena sudah ada beberapa berdasarkan hasil gelar perkara, klarifikasi dari beberapa saksi, dan juga terlapor sendiri. Ada saksi ahli dan juga saksi-saksi yang lain," tuturnya.

Baca Juga : Anak Akidi Tio Pernah Lakukan Penipuan pada Februari 2020?

Dia menambahkan, penyidik Polda Metro Jaya juga telah memanggil Heriyanti untuk diperiksa, tapi Heriyanti tidak memenuhi panggilan penyidik.

Hingga akhirnya pada 28 Juli, pelapor mengirimkan surat untuk mencabut laporannya itu, polisi berencana mengundang pelapor untuk mencari tahu alasan pencabutan laporannya itu.

"Nanti kita tunggu hasil klarifikasi daripada si pelapor sendiri untuk kita undang. Apa dasar pelapor ini mencabut laporannya," katanya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini