Pembuang Limbah Septic Tank di Mampang Ditangkap

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 03 Agustus 2021 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 338 2450304 pembuang-limbah-septic-tank-di-mampang-ditangkap-bcjXUAXy9w.jpg Sudin LH Jaksel menangkap pembuang limbah septic tank (Foto: M Refi Sandi)

JAKARTA - Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jaksel melakukan investigasi dan menangkap terduga pelaku pembuangan limbah septic tank sembarangan di wilayah Mampang, Jakarta Selatan.

Kasudin LH Jaksel, Moh Amin menjelaskan berdasarkan laporan seorang warga, oknum tersebut membuang limbah di saluran air setelah menyedot septic tank milik pelanggannya. Penindakan laporan dilakukan secara sembunyi untuk langsung menangkap tangan pelaku.

“Pelaku ini sudah sering membuang limbah di saluran yang berada di Mampang. Limbah tersebut jelas sangat berbahaya karena tak hanya menimbulkan bau, tapi juga pencemaran. Air mudah terkontaminasi bakteri bernama 'Escherichia coli'," ujar kata Amin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/8/2021).

"Karena bau dan warga juga melihat, mereka lapor ke Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan. Karena meresahkan warga sekitar aduan tersebut segera kita tindak lanjut, kita lakukan penangkapan tangan atau OTT ketika mereka sedang membuang limbah tadi,” imbuhnya.

Baca Juga:  Limbah Medis Berserakan di Tol Trans Sumatera, Polda Lampung Lakukan Penyelidikan

Amin menyebut berdasarkan keterangan petugas di lapangan, pelaku yang terdiri dari sopir dan dua kernet tersebut sudah sering membuang limbah di lokasi. Kemudian, Amin melakukan penyelidikan lebih lanjut dan sudah diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

“Kita laporkan ke dinas dan saat ini para pelaku sudah berada di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta untuk di proses," terangnya.

Lebih lanjut, Amin menekankan melihat kegiatan tersebut bukanlah pertama kali terduga pelaku melakukannya. Diketahui oknum itu mudah dalam memarkirkan kendaraan truk bernomor polisi B 9022 TNA dan menaruh selang pembuangan ke dalam saluran air.

Baca Juga: Tinjau Pengolahan Limbah Plastik, Ridwan Kamil Dorong Masyarakat Pilah Sampah

Akibat perbuatannya, muncul bau tidak sedap dari limbah septic tank. Warga sekitar turut mencium aroma tersebut.

“Kalau mendengar keluhan warga, mereka tidak hanya sekali ini aja ya. Tapi memang kasus seperti ini baru pertama kita temukan di Jakarta Selatan. Semoga tidak ada kasus serupa dan para pelaku jera untuk tidak mengulangi perbuatannya,” pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini