Vaksinasi Covid-19 untuk Pedagang Pasar Masih Minim

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 04 Agustus 2021 01:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 338 2450485 vaksinasi-covid-19-untuk-pedagang-pasar-masih-minim-txqNjPOciD.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyebut vaksinasi Covid-19 di sektor tersebut masih sangat minim. Itu disebabkan kurangnya sosialisasi dari pemerintah sehingga banyak pedagang yang termakan hoaks.

"Hoaks tentang vaksin dan Covid-19 masih cukup kuat di pasar tradisional. Masih banyak pedagang yang enggan di vaksin dan tidak percaya Covid. Sehingga IKAPPI mendorong agar terjun langsung dan sosialiasasi secara intens kepada pedagang," ujar Kabid Infokom DPP IKAPPI, Muhammad Ainun Najib melalui keterangan pers, Rabu (4/8/2021).

IKAPPI mendorong agar vaksinasi di lakukan di dalam pasar karena pedagang cukup sulit meninggalkan dagangannya walaupun hanya satu jam. "Jika vaksinasi di lakukan di pasar maka antusiasme pedagang dan sosialisasi yang masif akan berhasil menyerap pedagang pasar dan pengunjung di pasar tersebut," jelas Ainun.

Baca juga: Banyak Pasar Kebakaran, IKAPPI Minta Pemerintah Lindungi Pedagang

Lebih lanjut, Ainun menjelaskan saat ini kondisi perekonomian masyarakat khususnya pedagang pasar sedang sulit. Karenanya meninggalkan barang dagangan untuk ikut vaksin di luar pasar adalah sesuatu yang memberatkan.

"Kita tahu kondisi ekonomi cukup sulit. Maka mendorong mereka untuk meninggalkan barang dagangan untuk ikut ke sentra-sentra vaksin yang jaraknya cukup jauh mereka tidak berkenan," ungkapnya.

Baca juga: Satgas: Tidak Benar Vaksin Sebabkan Kematian dan Munculkan Varian Baru Covid-19

IKAPPI mengusulkan kepada pemerintah dan pihak terkait untuk menggelar vaksinasi di dalam pasar demi meningkatkan partisipasi para pedagang.

"Kepada pengurus pasar, Pemprov DKI dan juga pemerintah pusat untuk menggunakan pola-pola yang telah kami lakukan ini agar dapat menyukseskan prograam vaksinasi yang di arahkan oleh Presiden Jokowi,"imbuhnya.

"PPKM yang berlanjut hingga 9 Agustus ini memaksa pedagang untuk melangsungkan kehidupan dengan kondisi tertatih-tatih. Maka IKAPPI berharap semua pihak untuk ikut bergotong royong agar dapat mensukseskan program vaksinasi dengan tagline pedagang sehat ekonomi kuat," pungkas Ainun.

Baca juga: Sentra Vaksinasi MNC Peduli Bersama MVN Sediakan Tempat Khusus Wanita Berhijab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini