Viral! Copet Asyik Gasak Dompet Penumpang Bus Transjakarta

Mohamad Yan Yusuf, MNC Portal · Kamis 05 Agustus 2021 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 338 2451295 viral-copet-asyik-gasak-dompet-penumpang-bus-transjakarta-ZdHg9b686V.jpg Aksi copet di Bus Transjakarta terekam CCTV (Foto: Media sosial)

JAKARTA - Sepinya kondisi bus Transjakarta tak membuat keamanan di moda transportasi ini terjamin. Seorang pencopet terlihat beraksi mengambil sebuah dompet milik salah satu penumpang.

Aksinya terekam CCTV pengawas di bus itu dan tersebar luas di media sosial setelah akun Instagram @kontributorjakarta mempostingnya, Kamis (5/8/2021). Menurut si akun, kejadian itu terjadi pada Selasa 3 Agustus 2021.

"Aksi ini terjadi sekitar pukul 10.30 WIB saat korban sedang hendak turun di halte GOR Sumantri, Kuningan Jakarta Selatan," ujarnya dalam caption yang ditulis.

Baca Juga:  Gunakan Baju Batik dan Bergaya Parlente, Sepasang Copet Sasar Pengguna KRL Jabodetabek

Dalam postingan video itu memperlihatkan bagaimana pelaku beraksi. Ia memanfaatkan kelengahan korbannya yang hendak turun dari bus dengan menaruh tas di bagian belakang.

Tanpa pengawasan dan lingkungan bus yang sepi, pelaku berhasil memuluskan aksinya. Ia membuka tas yang diresleting dan mengambil dompet korbannya. Korban sendiri tak menyadari kejadian itu, ia kemudian bergegas meninggalkan bus dan masuk halte.

Baca Juga:  Waspada, Copet Pasar Tanah Abang Sasar Barang Belanjaan Pengunjung

Sekalipun terdapat seorang pria yang berdiri dekat pintu keluar di sisi kanan. Namun, pria itu tak bisa berbuat banyak, dugaan kuat pria itu merupakan kawan dari pencopet. Ini terlihat usai beraksi, pria itu mendekati pelakunya.

Dalam captionnya, si akun menceritakan akibat kejadian ini korban harus merelakan dompetnya berisi KTP, SIM C, ATM Mandiri, Kartu Vaksin, hingga uang tunai Rp300 ribu digondol oleh pelaku.

Hingga berita ditulis, informasi tentang pelaku yang ditangkap belum disampaikan oleh pihak terkait baik dari Kepolisian maupun PT Transjakrata.

Dirut Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo yang dikonfirmasi terpisah belum membalas pesan Whatsaap dari wartawan.

Sejumlah warganet pun melihat miris dengan kejadian itu. Ia melihat tak semestinya kejadian itu tak terjadi, mengingat kondisi tansjakarta yang sepi yang semestinya menjadi pengaman ekstra.

"Astagfirullah, masih aja di busway🙄," kata @iranov2.

"Kok tau yak, dompet korban ada di tas, sudah di ikutin dari jauh kah 🤔," tambah @anonymous858585.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini