Nakes Tangani Pasien Covid-19 Diutamakan Terima Dosis Ketiga

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Sabtu 07 Agustus 2021 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 07 338 2452388 nakes-tangani-pasien-covid-19-diutamakan-terima-dosis-ketiga-bezHgpO9rc.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur mengutamakan tenaga kesehatan (nakes) yang sedang menangani pasien Covid-19 menerima booster vaksin atau vaksin dosis tiga. Hal itu bertujuan agar para tenaga kesehatan yang sedang bertugas lebih kebal dalam menangkal virus Corona.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Inda Mutiara mengatakan, pemberian booster vaksin Covid-19 untuk tenaga kesehatan itu akan dilakukan bertahap.

"Alasannya karena mereka saat bertugas lebih rentan terpapar Covid-19 bila dibanding dengan tenaga kesehatan lain," kata Inda saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Sabtu (7/8/2021).

Baca juga: 1.636 Tenaga Kesehatan Meninggal Akibat Covid-19 Selama Pandemi

Dikatakan Inda, booster vaksinasi ini sudah sepatutnya diberikan untuk tenaga kesehatan yang memiliki tugas sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

"Swabber dan tim surveillance setiap harinya berhadapan dengan pasien yang berisiko terpapar Covid-19, kemudian tim vaksinasi juga berisiko. Jadi mereka hari ini didahulukan untuk penyuntikan dosis tiga," ujarnya.

Inda menuturkan, pelaksanaan booster vaksin Covid-19 yang digelar secara bertahap dipastikan menyasar seluruh tenaga kesehatan di wilayah Jakarta Timur. Upaya ini dilakukan untuk lebih memperkuat daya tahan tubuh tenaga kesehatan yang sedang berjuang menangani para pasien Covid-19.

Baca juga: TNI AL Ajak Nakes Tunggangi Ranpur Usai Bertugas di RSDC Asrama Haji

"Kami usulkan seluruhnya mendapat booster vaksin Covid-19 sesuai permintaan kami ke tingkat Sudin Kesehatan dan Dinas Kesehatan sejumlah tenaga kesehatan yang ada ditambah tenaga penunjang, seperti asisten dan lainnya," tuturnya.

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini