Layanan Donor dan Permintaan Darah di PMI Jakarta Buka 24 Jam

Komaruddin Bagja, Sindonews · Sabtu 07 Agustus 2021 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 07 338 2452401 layanan-donor-dan-permintaan-darah-di-pmi-jakarta-buka-24-jam-jhpni6aqwU.jpeg Donor darah. (Foto: Dok PMI)

JAKARTA - Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi mengatakan, kegiatan donor darah sudah dapat dilakukan pada tingkat kota selama 24 jam sejak 5 Agustus 2021. 

Pengumuman tersebut ia sampaikan secara langsung di aula Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta kepada para donor darah dan masyarakat yang ada di lokasi. 

Ia pun mendatangi keluarga pasien yang membutuhkan darah maupun dengan para donor darah yang tengah menyumbangkan darahnya.

Langkah ini diambil karena untuk mencegah terjadinya klaster penyebaran virus di Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta mengingat besarnya jumlah permintaan darah  yang berlangsung setiap hari

"Untuk meningkatkan efektifitas pelayanan donor darah dan efisiensi biaya pengolahan darah bagi pasien umum dan pasien Covid-19.  Menghemat waktu dan biaya transportasi para donor dan permintaan darah bagi pasien," kata Rustam di Jakarta, Sabtu (7/8/2021).

PMI DKI Jakarta tengah melakukan langkah-langkah penyempurnaan secara sistem maupun operasional agar kegiatan persediaan darah dapat berkualitas, cepat dan murah bagi masyarakat yang belum memiliki BPJS Kesehatan.

Baca juga: Kunjungi UDD PMI DKI Jakarta, JK Ajak Penyintas Covid-19 Berdonor Darah

Pengalihan kegiatan donor dan pelayanan permintaan darah pun merupakan bagian dari penyempurnaan sistem teknis dan kapasitas UDD PMI DKI Jakarta di mana pelayanan donor darah harus semakin tepat sasaran dan efisien.

UDD PMI Tingkat Kota yang dapat melayani donor darah 24 Jam adalah:

a. UDD PMI Kota Jakarta Selatan:

Alamat: Jl. Condet Pejaten No.9A, Pejaten Barat, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, 12510 

b. UDD PMI Jakarta Barat: 

Jl. Perdana No. 12 Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan – Jakarta Barat 11460

c. UDD PMI Kota Jakarta Timur:

Jl. I Gusti Ngurah Rai No. 77, Duren Sawit – Jakarta Timur 13470 

d. UDD PMI Kota Jakarta Utara:

Jl. Plumpang Semper No. 54, Koja – Jakarta Utara 14260

Berkaitan dengan kondisi dan situasi terbatasnya jumlah donor darah dan persediaan darah:

1. Rumah Sakit agar mengajukan permintaan darah kepada PMI terdekat dengan posisinya.

2. Keluarga pasien dapat donor darah  dengan membawa donor pengganti dari keluarganya yang segolongan darah dengan pasien. Permintaan darah dilakukan pada UDD PMI Kota sesuai Formulir permintaan darah dikirimkan.

3. Donor darah langsung atau pengganti harap dilakukan di UDD Kota sesuai arahan rumah sakit. 

Pendaftaran bisa melalui https://plasmakonvalesen.jakarta.go.id atau melalui Whatsapp ke Halo Donor di nomor 08568 864 678

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini