Share

Hujan Deras, Banjir 1,5 Meter Rendam 2 Kampung di Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 10 Agustus 2021 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 338 2453548 hujan-deras-banjir-1-5-meter-rendam-2-kampung-di-bogor-YHnI6NGARg.jpg Banjir di Bogor. (Foto: BPBD Kabupaten Bogor)

BOGOR - Dua kampung di Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor mengalami banjir. Kampung tersebut diterjang banjir luapan Kali Cidangdeur.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor M. Adam mengatakan menjelaskan, tidak ada korban jiwa, hanya sejumlah warga sempat mengungsi. Dia bercerita, banjir tersebut terjadi saat hujan deras melanda sekira pukul 19.00 WIB pada 9 Agustus 2021. Aliran air Kali Cidangdeur pun meluap hingga masuk ke pemukiman warga di sekitarnya.

"Kedalaman air di pemukiman sampai 1,5 meter," kata Adam dalam keterangannya, Selasa (10/9/2021).

 

Baca juga: Tahun Baru Islam, Anies: Mari Terus Tebar Kebaikan dan Bangkit dari Pandemi


Baca juga: Luhut: Kita Sudah Lelah dengan Pandemi, Jangan Sia-siakan karena Tidak Disiplin

Dua kampung yang terdampak banjir yakni Kampung Kadaung dengan total 32 rumah yang terendam dan Kampung Lebak Wangi fasilitas umum berupa 1 pondok pesantren. Sejumlah warga sempat mengungsi di majelis taklim sampai air surut.

"Sekarang (warga) sudah kembali lagi ke rumah masing-masing," tambahnya.

Tidak ada korban jiwa maupu luka-luka dalam banjir ini. Saat ini, air yang menggenangi rumah warga sudah surut tetapi menyisakan lumpur cukup tebal.

"Air sudah surut, namun masih banyak material lumpur di rumah yang dampak, sehingga memerlukan penanganan pembersihan dan ada rencana kerja bakti bersama para relawan," jelas Adam.

Selanjutnya, tanggul Kali Cidagdeur yang jebol akibat derasnya aliran air yang meluap. Perlu segera penanganan lebih lanjut karena dikhatirkan air kembali meluap ketika hujan deras mengguyur.

"Dibutuhkan penanangan lebih lanjut oleh pihak berwenang," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini