Share

Suntikkan Vaksin Kosong, Nakes Ditetapkan Tersangka

Yohannes Tobing, Sindonews · Selasa 10 Agustus 2021 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 338 2453636 suntikkan-vaksin-kosong-nakes-ditetapkan-tersangka-hXAsW6suX2.jpg Polres Metro Jakarta Utara tetapkan tenaga kesehatan yang menyuntikkan vaksin kosong sebagai tersangka. (Foto : Yohanes Tobing)

JAKARTA - Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara menangkap tenaga kesehatan (nakes) berinisial EO yang menyuntikkan vaksin kosong ke warga berinisial BLP. Peristiwa penyuntikan vaksin kosong itu terjadi saat vaksinasi massal di sekolah IPK di Penjaringan, Jakarta Utara, pada 6 Agustus 2021.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan setelah sempat viral di media sosial tentang adanya suntikan kosong, petugas Satreskrim langsung melakukan pengecekan dan pendalaman.

"Diakukan pendalaman dan kemudian dicek lalu berhasil mengamankan saudari EO tenaga kesehatan yang pada saat itu melakukan penyuntikan. Memang diakui itu tidak ada isinya," kata Yusri di Mapolres Jakarta Utara pada Selasa (10/8/2021).

Menurut Yusri, berdasarkan pendalaman, EO merupakan salah satu perawat yang menjadi relawan sebagai vaksinator di tengah gencar gencarnya program vaksinasi masal.

"Ini yang harus kita kesampingkan. Tetapi, namanya kita negara hukum, apapun kesalahan di situ ada aturan yang mengatur, termasuk di dalamnya ada Undang-Undang Nomor 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular," ucap Yusri.

Ia melanjutkan, setelah didalami dan dilakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan termasuk memeriksa beberapa saksi sekaligus menyita barang bukti, EO ditetapkan tersangka.

"Kami persangkakan di pasal 14 di UU Nomor 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular," kata Yusri.

Baca Juga : Viral Warga Disuntikkan Vaksin Kosong di Pluit Jakut

Adapun barang bukti yang diamankan polisi satu botol vial, satu syringe (suntikan), satu kotak cooler, satu safe box, satu APD, dan sepasang sarung tangan.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini