Para Nelayan Antusias Ikut Vaksinasi Merdeka di Rusun Budha Tzu Chi

Dimas Choirul, MNC Media · Rabu 11 Agustus 2021 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 338 2454075 para-nelayan-antusias-ikut-vaksinasi-merdeka-di-rusun-budha-tzu-chi-aes2iMetcg.jpg Vaksinasi Merdeka. (Foto: Dimas Choirul)

JAKARTA - Puluhan nelayan dan jajaran anak buah kapal (ABK) tampak antusias mengikuti kegiatan vaksinasi merdeka di Rusun Cinta Kasih Budha Tzu Chi, Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (11/8/2021). Kegiatan ini merupakan upaya untuk mempercepat target 70 persen vaksinasi di Indonesia pada saat HUT Kemerdekaan RI.

Para nelayan secara kolektif hadir di lokasi gerai vaksinasi merdeka pukul 10.00 WIB. Mereka satu per satu antre untuk melakukan proses registrasi sebelum disuntik.

Saat mengantre, para nelayan itu tertib dan menjaga jarak saat menunggu panggilan oleh petugas vaksinasi. Terlihat pula para polisi bertugas menjadi registrator di meja depan.

Edi, seorang nelayan yang saban hari berlayar ke Merauke, Papua, mengatakan baru mengikuti vaksinasi dosis pertama hari ini. Selain alasan kesehatan, Edi mengaku ingin divaksin lantaran untuk persyaratan berbagai hal.

"Kan ke mana-mana harus ada surat vaksin. Kalau enggak ada surat vaksin kita enggak bisa kerja," kata Edi kepada wartawan.

Dalam kegiatan vaksinasi itu, pihak kepolisian menyediakan doorprize satu buah sepeda motor dan bansos sebagai pemikat warga untuk ikut vaksin. Namun, bagi Edi, ia tidak termotivasi untuk mendapatkan doorprize itu.  

Baca juga: Obrolan Kocak Petugas Vaksin dan Remaja Takut Jarum Suntik

Dia hanya meminta didoakan agar senantiasa sehat dan selamat saat melaut. "Ya kalau saya mah buat warga lain aja. kita mah minta doa supaya selamat buat ngelaut aja," akunya.

Kapolsek Sunda Kelapa AKP Seto Handoko mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya beserta jajaran perangkat RW bersama-sama mengajak seluruh warga yang berada di wilayah hukum pelabuhan perikanan untuk ikut vaksinasi.

Pihaknya juga melakukan jemput bola kepada para nelayan dan pedagang. "Mengajak dan memikat warga agar melaksanakan vaksinasi di gerai vaksinasi merdeka untuk masyarakat muara angke di 4 titik," kata Seto kepada wartawan di lokasi, Rabu.

Seto mengatakan, hingga saat ini, lebih dari 7.000 warga yang berada di wilayah hukumnya telah disuntik vaksin lewat program vaksinasi merdeka.

"Capaian target Insha Allah kami berupaya sampai tanggal 17 Agustus kurang lebih 16 ribu warga tervakisnasi," tutur Seto.

Sebagaimana diketahui, Gerakan Vaksinasi Merdeka diselenggarakan di 668 titik Gerai Vaksinasi yang tersebar di 900 RW, yang berada di Jakarta. Vaksinasi melibatkan 4.500 relawan yang terdiri dari 1.800 orang tenaga medis dokter, pelaksana screening dan vaksinator serta 2.700 orang nontenaga medis observator dan input administrasi. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini