Share

PPKM Level 4 Diperpanjang, Anies Jadikan Sertifikat Vaksinasi Syarat Aktivitas

Jonathan Nalom, MNC Media · Kamis 12 Agustus 2021 05:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 338 2454341 ppkm-level-4-diperpanjang-anies-masih-jadikan-sertifikat-vaksinasi-syarat-aktivitas-isOTAVUnA3.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan masih menekan sertifikat vaksinasi untuk menjadi syarat aktifitas warganya. Hal ini menyusul diperpanjangnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 16 Agustus mendatang.

Hal tersebut dipastikan Anies lewat Surat Keputusan Nomor 974 Tahun 2021 yang ditandatanganinya pada 10 Agustus 2021. Dalam kebijakan tersebut termuat aturan diwajibkannya sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat berkegiatan pada sektor-sektor yang telah diizinkan.

“Selama masa PPKM Level 4 Corona Virus Disease 2019, setiap orang yang melakukan aktivitas pada tiap-tiap sektor/ tempat harus sudah divaksinasi Covid-19 (minimal vaksinasi dosis pertama),” bunyi diktum keempat putusan tersebut seperti yang dikutip pada, Kamis (12/8/2021).

Namun, terdapat pengecualiaan bagi warga-warga yang masih dalam masa tenggang tiga bulan setelah terkonfirmasi positif Covis-19. Pengecualiaan ditunjukan juga pada penduduk yang kontraindikasi dilakukan vaksinasi.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan medis dengan bukti surat keterangan dokter dan anak-anak usia kurang dari 12 tahun,” tulis keterangan dalam surat tersebut.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan

Lebih lanjut, Masyarakat tervaksinasi yang akan melakukan aktifitas pada tiap-tiap sektor dibuktikan dengan status divaksin pada aplikasi Jakarta Kini (JAKI). Lainnya, juga dapat dibuktikan dari sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan oleh PeduliLindungi.id.

“Masyarakat yang telah divaksinasi dibuktikan dengan bukti status telah divaksin pada aplikasi Jakarta Kini (JAKI), sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan oleh pedulilindungi.id, dan/atau bukti vaksinasi yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang," lanjut Anies dalam putusan kelimanya.

Saat ini keputusan tersebut belum menjelaskan terkait pemeriksaan teknis mengenai sertifikat vaksin tersebut. Pada keputusan tersebut, Anies hanya merinci sejumlah kegiatan yang diperbolehkan dan ketetuannya beroperasi selama masa perpanjangan PPKM Level 4.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini