Kabar Baik dari Anies, Target Vaksin Dosis Pertama Tercapai 100%

Carlos Roy Fajarta, · Sabtu 14 Agustus 2021 21:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 14 338 2455699 kabar-baik-dari-anies-target-vaksin-dosis-pertama-tercapai-100-FP3ruYyWSf.jpg Anies Baswedan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyebutkan sebanyak 8,8 juta warga, baik yang ber-KTP DKI Jakarta maupun ber-KTP daerah namun berdomisili di Jakarta sudah mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19. 

"Vaksinasi memegang peran penting untuk pengendalian pandemi. Hari ini (14/8/2021) vaksinasi di Jakarta telah mencapai 8,8 juta untuk suntikan dosis pertama, dan 4 juta untuk suntikan dosis kedua. Artinya 100% target dosis pertama telah tercapai, 44,8% target dosis kedua tercapai," ujar Anies di akun Instagram-nya, @aniesbaswedan, Sabtu (14/8/2021). 

Ia menyebutkan laju penularan Covid-19 saat ini tengah melandai, namun dirinya tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 saat beraktifitas di luar rumah.

"Berdasarkan data dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia nilai Effective Reproduction Number (Rt) Jakarta tepat di 1,0. Ini artinya laju penularan pandemi melandai, tapi belum benar-benar terus berkurang ke depannya. Masih ada risiko putar balik atau naik lagi, bila mobilitas penduduk Jakarta tiba-tiba kembali tinggi. Ini tentu harus kita jaga. Momentum penurunan nilai Rt harus terus dilanjutkan," kata Anies Baswedan.

Baca juga: Anies: Kemenangan Lawan Covid-19 Sudah di Depan Mata, tapi Jangan Terlena!

Dikatakannya, berkat kerja keras begitu banyak pihak dan dengan dukungan kedisiplinan warga Jakarta, saat ini kurva kasus aktif kembali turun ke angka di bawah 10 ribu dalam waktu kurang dari satu bulan sejak puncak gelombang kedua pada awal Juli 2021. 

"Kasus aktif bisa turun signfikan karena kita semua bisa menekan penambahan kasus baru. Kini tingkat positivitas di Jakarta telah turun di bawah ambang maksimal 10%. Namun, kita masih harus mengejar agar tingkat positivitas ada di bawah ambang batas ideal yaitu 5%," ujar Anies.

Namun mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut meminta masyarakat di DKI Jakarta jangan lengah, terlena dan buru-buru ingin beraktivitas sebebas-bebasnya.

"Jangan meninggalkan kewajiban menjaga prokes dan mengurangi mobilitas, dan membuka ruang terhadap munculnya gelombang berikutnya, jangan menyia-nyiakan usaha yang sudah berjalan baik. Terus waspada, terus jaga prokes, terus kurangi mobilitas, dan segera dapatkan vaksinasi bagi yang belum," pesannya.

Ia berharap dengan semakin pesatnya penurunan kasus aktif Covid-19 di Jakarta dapat terus berlanjut dengan kedisiplinan dan kolaborasi seluruh masyarakat yang beraktifitas di Ibu Kota.

"Terima kasih sebesarnya kepada begitu banyak pihak yang ikut berkolaborasi sehingga pengendalian gelombang kedua pandemi di Jakarta berjalan baik hingga saat ini. Selamat berakhir pekan, sebisanya di rumah saja. Semoga Allah SWT merahmati kota Jakarta dan melindungi kita semua," tutup Anies.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini