Ditangkap Polisi, Pria Ini Jual Senpi Rakitan Via Medsos

Ari Sandita Murti, Sindonews · Kamis 19 Agustus 2021 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 338 2457841 ditangkap-polisi-pria-ini-jual-senpi-rakitan-via-medsos-kXAb6xc3En.jpg Kapolsek Tebet Kompol Alexander Yurikho konpers soal pengungkapan penjualan senpi rakitan. (Ari Sandita)

JAKARTA - Polisi menangkap pelaku penjualan senjata api (senpi) rakitan berinisial RAG (32). Pelaku menjual senpi rakitan itu lewat media sosial (medsos).

"Pelaku bernisial RAG (32) ditangkap di restoran cepat saji di kawasan Tebet," ujar Kapolsek Tebet, Kompol Alexander Yurikho pada wartawan, Kamis (19/8/2021).

Menurutnya, praktik penjualan senpi rakitan itu terungkap setelah polisi melakukan patroli siber di medsos. Ternyata, ada seseorang yang menawarkan senpi rakitan seharga Rp7 juta melalui medsos.

"Kami tangkap tanggal 17 Agustus 2021 dengan berpura-pura hendak membeli pada pelaku," katanya.

Dia menerangkan, pelaku ditangkap saat polisi mencoba bernegosiasi dengan RAG untuk melakukan transaksi di sebuah restoran cepat saji di kawasan Jalan Soepomo, Tebet, Jaksel. Polisi lantas menangkapnya dan mengamankan barang bukti sepucuk pistol rakitan revolver 9 milimeter.

"Pelaku RAG ditetapkan tersangka dan dijerat Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang senjata api. Ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara," katanya.

Kapolsek menambahkan, senpi rakitan yang disita dari pelaku berkualitas baik dapat meledakkan peluru mirip buatan pabrik.

Baca Juga : Polisi Tangkap Mantan Pegawai Bank dalam Jual Beli Senpi

Polisi masih mengembangkan pengusutan kasus itu guna mencari tahu sudah berapa kali RAG menjual senpi rakitan. Hal itu lantaran banyak pelaku aksi kejahatan menggunakan senjata rakitan untuk mengancam korban.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini