Pemkot Tangerang Targetkan 3.157 Ibu Hamil Terima Vaksinasi Covid-19

Hasan Kurniawan, Okezone · Kamis 19 Agustus 2021 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 338 2458069 pemkot-tangerang-targetkan-3-157-ibu-hamil-terima-vaksinasi-covid-19-2bd9BMl6FT.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

TANGERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menargetkan sebanyak 3.157 ibu hamil disuntik vaksin Covid-19. Vaksinasi untuk ibu hamil ini, bisa dilakukan di Puskesmas dan RSUD Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pelaksanaan vaksinasi pada tahap pertama ini akan dilakukan di tiga puskesmas dan RSUD Kota Tangerang. Dia berharap, kedepan bisa dilakukan diseluruh puskesmas.

"Ke depan, secara bertahap vaksinasi bagi ibu hamil akan dilakukan di 38 puskesmas dan 32 rumah sakit yang ada di Kota Tangerang," kata Arief, di Puskesmas Karawaci Tangerang, Kamis (19/8/2021).

Dilanjutkan dia, dengan vaksinasi maka akan mengurangi potensi ibu hamil masuk ruang perawatan akibat Covid-19. Apalagi, ibu hamil termasuk yang masuk kategori rawan terpapar Covid-19.

"Kalau berdasarkan angka kelahiran tahunan di Kota Tangerang, ada sekira 38 ribu. Nah, itu merupakan target total dalam satu tahun, untuk saat ini kita mengejar target sasaran 3.157 ibu hamil," kata Arief.

Baca Juga : 1,5 Juta Vaksin Pfizer Tiba di Tanah Air, Bisa Digunakan untuk Usia 12 Tahun ke Atas

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni menambahkan, jenis vaksin yang digunakan dalam vaksinasi ibu hamil ini, yakni Sinovac. Sejumlah dokter spesialis pun dilibatkan untuk mengantisipasi KIPI.

"Misalnya ada KIPI paska vaksin, maka akan ditangani lebih dulu di faskes yang melakukan vaksinasi, namun apabila tidak bisa putus, maka bisa naik ke Pokja Kota. Makanya ketat melakukan skrining ketat," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini