Pemkot Bekasi Terima 181.350 Dosis Vaksin Pfizer

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Jum'at 20 Agustus 2021 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 338 2458452 pemkot-bekasi-terima-181-350-dosis-vaksin-pfizer-zCcNAoXD2o.jpg Ilustrasi (Foto : Reuters)

BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi baru saja menerima alokasi vaksin Pfizer dari Kementerian Kesehatan. Adapun jumlah yang diterima wilayah mitra DKI Jakarta tersebut sebanyak 181.350 dosis. Vaksin Pfizer merupakan merk dagang ketiga yang dipergunakan di wilayah Kota Bekasi setelah Sinovac dan Astra Zeneca.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan vaksin keluaran negara Amerika Serikat itu, diharapkan bisa kembali dialokasikan dengan jumlah yang sama atau lebih karena membutuhkan 2 kali proses penyuntikan.

”Kita juga baru terima (vaksin Pfizer). Makanya semalem (ada) 181.350 dosis kali 2, kan mungkin jumlahnya 360.00-an dosis,” katanya, Jumat (20/8/2021).

Meski demikian, kata dia, Rahmat menyatakan masih akan terus mengejar alokasi vaksin Sinovac lantaran telah cukup banyak dipergunakan di wilayahnya untuk penyuntikan pertama.

”Jadi kita inginnya mendapatkan Sinovac untuk dosis kedua. Pfizer juga berarti kalau udah disiapkan kali 2, kita enggak bisa lagi membagi-bagi,” ucapnya.

Sebelumnya, sebanyak 1.560.780 dosis vaksin asal Amerika Serikat, Pfizer, tiba pada Kamis (19/8) lalu. Vaksin tersebut akan diprioritaskan untuk daerah di wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) terlebih dahulu. Jutaan juta dosis yang akan tiba itu merupakan kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-38 di Indonesia.

Di Kabupaten Bekasi, Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai melakukan vaksinasi kepada masyarakat umum dengan vaksin Moderna. Jika pada tenaga kesehatan (nakes) diberikan sebagai booster atau dosis ketiga, pada masyarakat umum vaksin ini diberikan kepada mereka yang belum divaksin sama sekali.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainarti mengatakan, telah mendapatkan droping vaksin Moderna sebanyak 25.000 dosis. Vaksin Covid-19 buatan Amerika itu telah didistribusikan ke seluruh Puskesmas di Kabupaten Bekasi sebagai salah satu upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Bekasi.

”Jadi semua skema vaksinasi kita gunakan,” katanya.

Kendati telah menggunakan vaksin jenis Moderna, pihaknya menyebut vaksinasi dengan Jenis Sinovac dan AstraZeneca masih tetap berjalan khususnya untuk penyuntikan dosis kedua. Bahkan, vaksin jenis Fpizer juga sudah ada 75.000 dosis.

”Insya allah mulai senin besok dipakai untuk warga sekitar Jatimulya dan sekitarnya,” ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini