Jamaah Sholat Jumat: Ke Masjid Istiqlal karena Cinta

Jonathan Nalom, MNC Media · Jum'at 20 Agustus 2021 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 338 2458458 jamaah-sholat-jumat-ke-masjid-istiqlal-karena-cinta-cf8aqnQkgG.jpg Masjid Istiqlal kembali menggelar Sholat Jumat (Foto: MPI)

JAKARTA - Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, kembali menggelar Sholat Jumat meskipun masih dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal itu lantaran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menekan aturan yang memperbolehkan kegiatan peribadahan dengan batas maksimal yang tertuang pada Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 987 Tahun 2021.

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, Sholat Jumat digelar sesuai dengan protokol kesehatan. Para jamaah sebelum memasuki halaman Masjid Istiqlal harus melakukan pengecekan suhu dan menunjukan serifikat vaksinasi Covid-19.

Sementara, selama pelaksanaan salat jumat protokol jaga jarak juga diterapkan ketat. Para jamaah dibatasi jarak saf berkisar 1,5 meter.

Digelarnya ibadah salat jumat disambut baik bagi jamaah yang datang ke Masjid Istiqlal. Salah satunya Burhanuddin asal Jakarta Barat, dirinya mengaku membelakan diri menuju Istiqlal karena cinta.

“Betul, bela-belaiin ke Istiqlal karena cinta, khotibnya berkelas, dan sholatnya teratur sekali. Ini kebanggaan kita, kebanggaan warga jakarta, saya bersyukur ya bisa salat bersama,” ujar Burhanuddin ketika dijumpai di Halaman Masjid Istiqlal, Jumat (20/08/2021)

Baca Juga : Gelar Sholat Jumat, Masjid Istiqlal Hanya Buka Maksimal 25 Persen Kapasitas

Menurutnya, kembali digelarnya peribadahan di Masjid Istiqlal tidak lepas dari sumbangsih pemerintah dalam penanganan Covid-19. Selain itu juga diikuti dengan kebersamaan masyarakat yang turut mematuhi aturan.

“Pemerintah sudah berpikir jauh tentang keselamatan kita. Disatu sisi kita punya keyakinan agama yang kita anut,Alhamdulillah udah dibuka ini menunjukan bahwa kebersamaan saudara sudah baik, sudah bagus, masyarakat patuh dengan aturan yang diyakini pemerintah baik,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, pria asal Jakarta Barat itu mengaku para jamaah lain di dalam Istiqlal juga sangat patuh terhadap protokol kesehatan. Menurutnya hal tersebut harus dipertahankan agar kegiatan peribadahan bisa terus dilaksanakan.

“Sekarang sudah dibuka kembali untuk kita semua dan mesti dipertahankan prokes di dalamnya dan masyarakat patuh, jadi pola pikir masyarakat sudah baik.” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini