Kebocoran Jaringan Pipa Air Sebabkan Akses Jalan Warga di Ciracas Terputus

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Senin 23 Agustus 2021 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 338 2459857 kebocoran-jaringan-pipa-air-sebabkan-akses-jalan-warga-di-ciracas-terputus-TdkHETSry3.jpg Foto: Sindo

JAKARTA - Kebocoran jaringan pipa air milik PT Aetra di Jalan Gudang Air, Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (21/8) lalu mengakibatkan akses jalan warga terputus. Kerusakan pipa air itu memicu keretakan pada jalan sepanjang 30 meter.

(Baca juga: Pipa di Jaksel Bocor, PT Palyja Imbau Warga Hemat Air)

"Keretakan jalannya itu mencapai 30 meter, tapi proses perbaikannya dibuatkan tanggul mencapai 40 meter," ujar Kasi Jalan Jembatan dan Kelengkapan Jalan Sudin Bina Marga Jakarta Timur, Ilham Raya di Ciracas, Jakarta Timur, Senin (23/8/2021).

Proses perbaikan jalan, lanjut dia, sudah dikerjakan sejak hari pertama saat terjadi kebocoran pipa. Upaya itu dilakukan agar keretakan jalan tersebut tidak meluas.

(Baca juga: Tok! Juliari Batubara Divonis 12 Tahun Penjara Kasus Korupsi Bansos Covid-19)

"Penanganan kebocoran pipa PAM yang bocor sudah ditangani pihak Aetra hari Minggu. Selanjutnya untuk pekerjaan perbaikan jalan ditangani Sudin Bina Marga Jakarta Timur," ucapnya.

Ilham menargetkan perbaikan Jalan Gudang Air yang retak rampung dalam empat hari ke depan. Pada tahap awal perbaikan pihaknya lebih dulu membuat tanggul beton. Pasalnya kontur tanah di lokasi jalan yang retak miring dan berdekatan dengan aliran Kali Cipinang sehingga dikhawatirkan meluas dan berujung longsor bila tidak cepat ditangani.

"Selanjutnya untuk menyamakan leveling tanah yang tergerus kita menggunakan sirtu dan scrub, selanjutnya di atasnya juta pakai split, baru nanti dilanjutkan dengan hot mix, jadi masih ada empat tahap lagi," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini