Kabupaten Tangerang Didistribusikan 180 Ribu Dosis Vaksin Pfizer ke 44 Puskesmas dan 25 Rumah Sakit

Isty Maulidya, Okezone · Selasa 24 Agustus 2021 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 338 2460178 kabupaten-tangerang-didistribusikan-180-ribu-dosis-vaksin-pfizer-ke-44-puskesmas-dan-25-rumah-sakit-VJcUsk4zOk.jpg Vaksin Covid-19.(Foto:Dok Okezone)

TANGERANG - Sebanyak 180 ribu dosis vaksin Covid-19 jenis Pfizer telah diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang pada Jumat, 20 Agustus 2021 lalu.

Vaksin tersebut langsung didistribusikan ke ke 44 puskesmas, dan 25 rumah sakit untuk kemudian dapat digunakan oleh masyarakat umum.

"Minggu ini masih kita distribusikan ke sejumlah fasilitas kesehatan, direncanakan minggu depan sudah mulai diberikan ke masyarakat," ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi, Selasa (24/8/2021).

Vaksin pfizer ini akan diprioritaskan untuk ibu hamil dan masyarakat yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta. Sementara untuk proses vaksinasi akan dilakukan di rumah sakit atau di puskesmas.

Baca Juga:  Sebanyak 5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Indonesia

 "Sasarannya untuk masyarakat umum, tapi kita prioritasnya ke ibu hamil dan komorbid, makanya dalam proses pemberian vaksin itu, nanti akan lebih banyak dilakukan di rumah sakit atau puskesmas," ujarnya.

Sementara itu, Pemkot Tangerang hari ini sudah mulai menyuntikan vaksin Covid-19 jenis Pfizer untuk masyarakat umum yang dilakukan di RSUD Kota Tangerang dan Puskesmas Panunggangan Barat. Kota Tangerang sendiri menerima 162 ribu dosis vaksin Pfizer.

"Hari Selasa dimulai, dan besok itu hari Rabu akan kita masifkan," ungkap Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah.

Arief menambahkan, jumlah tersebut sudah termasuk dosis satu dan dua dengan jumlah sasaran vaksin sebanyak 80 ribuan warga Kota Tangerang. Vaksin jenis Pfizer ini juga perlu penanganan khusu karena hanya mampu disimpan di suhu -90 sampai -60 derajat.

"Hanya ada dua tempat di Kota Tangerang yang mumpuni untuk penyimpanan tersebut. Yaitu di RSUD Kota Tangerang dan Puskesmas Panunggangan Barat," pungkasnya.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini