Share

Viral! Warga di Bekasi Nekat Suntikkan Vaksin Sendiri

Mohamad Yan Yusuf, MNC Portal · Rabu 25 Agustus 2021 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 338 2460842 viral-warga-di-bekasi-nekat-suntikkan-vaksin-sendiri-ALsB6BplQv.jpg Viral warga suntikkan vaksin sendiri lalu meminta maaf (Foto: Tiktok)

JAKARTA - Dua orang warga kedapatan melakukan penyuntikan vaksin secara sendiri. Penyuntikan dilakukan sendiri tanpa menggunakan APD dan diduga tanpa melakukan screening.

Hal tersebut terungkap usai akun Tiktok @awprtsy mempostinganya, Selasa 24 Agustus 2021 lalu. Sebanyak 33 ribu warganet tercatat telah menonton video itu. Meski pada akhirnya video itu sempat dihapus, namun si akun kemudian kembali diposting si akun menjelang siang ini.

Baca Juga:  Menkes: Hampir 450 Ribu Nakes Sudah Dapat Booster Vaksin Covid-19

Kejadian itu disebutkan terjadi di kawasan Jatibening, Bekasi, Jawa Barat dan telah menjadi perhatian warganet lantaran video itu tersebar di sejumlah akun Instagram.

"Tiba-tiba ada sekumpulan yang katanya "nakes" menyerobot antrian dan menyuntikan vaksin sendiri," kata si akun dalam caption di postingan.

Dalam video itu memperlihat sekelompok orang melakukan penyuntikan vaksin tanpa menggunakan APD. Ini terlihat ketika seorang wanita dewasa dengan badan sedikit tambun tampak menyuntik seorang wanita yang lebih muda.

Saat penyuntikan, wanita itu tak menggunakan APD maupun sarung tangan. Bahkan, ia terlihat santai meski sejumlah warga melihatnnya.

"Kita yang ngantri malah disuruh kebelakang," tambah si akun dalam captionnya.

Baca Juga:  Indonesia Peringkat Ke-6 Dunia soal Vaksinasi Covid-19

Sementara itu, melalui postingan selanjutnya, si akun menceritakan bila dirinya di whatsaap oleh orang yang berada dalam video itu. Dalam pesannya itu si penyuntik mengakui adanya kesalahan dan menyesal.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Saya menyesal atas seluruh perbuatan saya, dimulai dari mengatri di taman (yg sebenarnya tidak di perkenankan, meskipun tidak ada yg melarang-namun hakekatnya sebagai orang yang tinggal di negara hukum, selayaknya duduk di kursi yang telah disediakan)," kata si wanita dalam video kepada si pemosting.

Saat itu mengantre di taman, si wanita dalam video juga mengakui bila dirinya melanggar penerapan jaga jarak. Sebab, mereka berkelompok dan membuat kerumunan.

Selain itu, wanita yang disuntik ini mengakui bila dirinya disuruh oleh ibunya yang menyuntik melakukan penyuntikan vaksin. Si ibu wanita itu diketahui melanggar SOP dalam penyuntikan vaksin, karena tak memiliki surat tugas dan tak menggunakan APD.

"Tidak ada hal ekslusif untuk nakes, oleh karenanya hal tersebut tetap dipandang salah tanpa dapat dibenarkan," katanya.

Terhadap itu, ia memohon maaf sebesar besarnya kepada pihak yang telah dirugikan dalam kejadian ini.

"Ini merupakan pelajaran yang sangat berharga untuk saya dan keluarga saya," tambahnya.

Melalui laman komentarnya dalam postingan klarifikasi, sejumlah warganet mengungkapkan kekesalannya. Ia mengatakan bila semestinya nakes menjadi contoh dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Berlindung dibalik kata "nakes" demi kepentingan pribadi atauran tidak ditaati. Sehat selalu negara Indonesia ku tercinta," kata akun @AKu siapa kamu siapa.

"enak bener ye," sindir @Kulifitness.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini