Dimulai Hari Ini, Berikut Durasi Pembelajaran Tatap Muka PAUD hingga SMA di Jakarta

Qur'anul Hidayat, Okezone · Senin 30 Agustus 2021 06:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 338 2463043 dimulai-hari-ini-berikut-durasi-pembelajaran-tatap-muka-paud-hingga-sma-di-jakarta-YcupS7Qc5C.jpeg Sekolah tatap muka di masa pandemi. (Foto: Ilustrasi/Ari Sandita)

JAKARTA - Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan Petujuk Teknis Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Satuan pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Keputusan Kadinkes DKI itu mengatur hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan PTM yang dimulai hari ini, Senin (30/8/2021).

Sejumlah aturannya adalah, PTM Terbatas dilakukan di daerah PPKM Level 1 sampai 3 dengan waktu pelaksanaan selama 2 bulan.

Selain itu, dilakukan pembagian rombongan belajar (shift) yang ditentukan oleh satuan pendidikan. Metode pelajaraan yang diterapkan blender learning, di mana proses belajar tatap muka berpadu dengan proses e-learning secara harmonis.

Selanjutnya materi pembelajaran yang diberikan meliputi materi esensial yang dipilih melalui MGMP atau Gugus Sekolah.

Baca juga: Hari Ini, 610 Sekolah di DKI Jakarta Mulai Pembelajaran Tatap Muka

Lalu, durasi pembelajaran setiap jenjangnya sebagai berikut:

SMA/SMK Sederajat maksimal 175 (35x5) menit sekali seminggu; SMP Sederajat maksimal 140 (35x4) menit sekali seminggu; SD Sederajat maksimal 105 (35x3) menit sekali seminggu; dan PAUD maksimal 60 (30x2) menit sekali seminggu.

Selain itu, satuan pendidikan diminta mempersiapkan dan menetapkan tim gugus tugas Covid-19 dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan kesiapan pembelajaran blended learning.

Sekolah juga harus memenuhi syarat protokol kesehata yang ditetapkan misalnya toilet bersih, sarana cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun hingga akses fasilitas kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini