Dukung Daur Ulang Sampah, MNC Peduli dan MNC Sekuritas Berdayakan Ibu-Ibu PKK

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Selasa 31 Agustus 2021 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 338 2463873 dukung-daur-ulang-sampah-mnc-peduli-dan-mnc-sekuritas-berdayakan-ibu-ibu-pkk-mXXBtJDeXF.jpg Ibu-ibu PKK tengah mendaur ulang sampah plastik menjadi tas (Foto : MPI/Abdullah)

BEKASI – Kepekaan dan kepedulian sosial guna membantu masyarakat pada masa pandemi Covid-19, dapat diwujudkan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan memberikan dukungan peningkatan kegiatan kreativitas perempuan, khususnya ibu-ibu PKK di Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, yang dilakukan MNC Peduli dan MNC Sekuritas.

Mereka mengolah sampah plastik menjadi produk yang bernilai ekonomis. Telah tiga bulan berjalan, MNC Peduli berkolaborasi dengan MNC Sekuritas bersama ibu-ibu PKK melaksanakan kegiatan daur ulang sampah. Sampah plastik yang dikumpulkan dari sampah rumah tangga, dibuat menjadi barang-barang bernilai jual.

Misalnya tas belanja, tempat tisu, tempat pensil dan dompet serta berbagai produk inovasi lainnya. Pada bulan ketiga, ibu-ibu PKK terlihat makin bersemangat dengan menunjukkan kemajuan pada barang hasil karya mereka dengan harapan dapat segera dijual dan menghasilkan serta menambah pendapatan keluarga.

Salah satu ibu rumah tangga yang bernama Asmanah (40) mengatakan, program ini sudah berjalan sejak Juni 2021 lalu. Hingga saat ini, barang berupa tikar daur ulang berhasil dijual sehingga mendapatkan keuntungan.”Tikar dari bungkusan kopi udah kejual, lumayan untuk menambah pemasukan ibu – ibu disini,” katanya.

Asmanah mengaku, adanya program ini menjadi manfaat bagi ibu-ibu PKK yang didominasi ibu rumah tangga. Terlebih masa PPKM yang memaksa harus tetap di rumah saja. Untuk itu, kegiatan ini sangat bermanfaat menambah pemasukan dimasa pandemic corona ini.”Terimakasih MNC yang sudah banyak membantu warga disini,” ungkapnya.

MNC Peduli dan MNC Sekuritas terus mendukung kegiatan ini dengan memberikan bahan-bahan perlengkapan seperti mesin jahit, lem tembak, aksesoris dan peralatan pendukung lainnya.

Dalam kegiatan hari ini, ibu-ibu PKK telah menghasilan tas yang dibuat dari bungkus kopi dan bungkus minyak.

Baca Juga : Besok, Sekolah Tatap Muka Mulai Diadakan di Kabupaten Bogor

Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo optimistis dengan adanya kegiatan pemberdayaan perempuan di desa binaan MNC Peduli, dapat menjadi potensi pengasilan ganda bagi keluarga.”Saat ini adalah waktu yang tepat bagi para perempuan untuk lebih mandiri dan berkarya dimasa pandemic ini,” katanya.

Menurut dia, dengan peranan perempuan yang berdaya dalam keluarga bisa menjadi potensi untuk membangkitkan perekonomian keluarga yang mana dimasa sulit ini. Untuk itu, MNC Peduli akan terus membantu warga yang berada di Kelurahan Sumur Batu, Kota Bekasi.”Komitemen kami membantu pemerintah mensejahterakan masyarakat,” ucapnya.

Direktur IT & Online Trading MNC Sekuritas Fifi Virgantria menyampaikan bahwa MNC Sekuritas akan terus mendukung kegiatan CSR yang dilaksanakan oleh ibu-ibu setempat. Apalagi, program pengolahan sampah rumah tangga ini juga bermanfaat dalam mengembangkan jiwa wirausaha ibu-ibu, yang biasanya mengatur keuangan keluarga.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini