Modus Baru Lolos Ganjil Genap di Puncak, Pengendara Pinjam Pelat Motor Lain

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 04 September 2021 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 04 338 2466136 modus-baru-lolos-ganjil-genap-di-puncak-pengendara-pinjam-pelat-motor-lain-DlbOzp1TUn.jpg Foto: Putra R/Okezone.com

BOGOR - Polisi mendapati modus baru pemotor agar lolos dari pemeriksaan uji coba ganjil genap menuju Jalur Puncak, Kabupaten Bogor. Modus yang dipakai adalah menukar prlat nomor kendaraan.

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana mengatakan, peristiwa itu terjadi di titik pemeriksaan ganjil genap jalur alternatif Rainbow Hills pukul 13.00 WIB. Awalnya, polisi mencurigai motor Honda Beat berprlat nomor B 4560 SKX yang menuju Puncak.

"Jadi awalnya anggota kami curiga ada motor ini (Honda Beat) tidak pakai pelat nomor di belakang. Hanya di depan saja," kata Ketut, Sabtu (4/9/2021).

Ketika akan diperiksa surat-surat, pemotor berkelit tidak membawa STNK. Tetapi, ketika diperiksa lebih lanjut diketahui bahwa pelat nomor yang dipasang bukan yang asli, melainkan jenis motor berbeda. 

"Cek pelat nomor gampang, anggota teliti ketika dicek kok beda. Bukan motornya, tapi Nmax," ungkapnya.

Baca juga: Langgar Ganjil-Genap di Bandung, 158 Kendaraan Diputarbalikkan

Tak lama, muncul pemotor lain yang merupakan pemilik pelat nomor asli. Dari situ, terbongkar modus baru tukar plat nomor agar lolos ganjil genap.

"Motor ini (Beat) plat nomor aslinya  ganjil B 4923 TPN, sedangkan hari ini kan genap. Jadi dia pinjam pelat nomor dari motor lain supaya bisa lolos pemeriksaan ganjil genap ke arah Puncak" jelas Ketut.

Kedua pemotor asal Jakarta itu pun akhirnya digelandang petugas ke Pospol Simpang Gadog. Petugas memberikan sanksi tilang kepada mereka.

"Keterangan sementara mereka tidak saling kenal. Hanya saja yang pemotor ini kasihan, ngelihat yang Beat tidak bisa lewat karena plat nomornya ganjil. Sampai saat ini, tidak ditemukan adanya transaksi (uang) jadi kami berikan sanksi tilang," tutupnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini