Anies Pamer Survei Jakarta Paling Demokratis Tuai Pujian Warganet

Erfan Maaruf, iNews · Minggu 05 September 2021 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 05 338 2466495 anies-pamer-survei-jakarta-paling-demokratis-tuai-pujian-warganet-axp6QKed5i.jpg Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memamerkan prestasi Pemprov DKI Jakarta yang kembali meraih posisi pertama provinsi paling demokratis selama 4 tahun berturut-turut.

"Empat tahun tahun berturut-turut Jakarta menjadi provinsi paling demokratis se-Indonesia," kata Anies dalam akun Instagram, Minggu (5/9/2021).

Baca Juga:  Anies: Vihara Dharma Jaya Toasebio Meneduhkan Kehidupan Bermasyarakat

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2020, Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi DKI Jakarta menduduki peringkat satu secara nasional dengan nilai indeks 89,21. Peringkat tertinggi itu diraih DKI Jakarta selama empat tahun berturut turut sejak 2017-2020.

"Nilai IDI DKI Jakarta selalu terus bertambah yakni 84,73 pada 2017 dan 85,08 pada 2018, 88,29 tahun 2019," tambah Anies.

Lebih lanjut Anies mengatakan, capaian angka tersebut menunjukkan bahwa warga Jakarta semakin matang dalam berdemokrasi. Demokrasi tersebut merupakan kolaborasi baik antara masyarakat dan stakeholder terkait dalam menjaga keamanan Jakarta dan iklim demokrasi.

Setidaknya ada tiga aspek yang dinilai dalam penghitungan nilai IDI, yaitu aspek kebebasan sipil, aspek hak-hak politik dan aspek lembaga demokrasi. Dia berharap Jakarta selalu menjadi rujukan dalam sistem demokrasi di seluruh Indonesia.

"Kita ingin Ibu Kota terus menjadi rujukan di dalam menjaga suasana demokratis di Indonesia," pungkasnya.

Baca Juga:  Pembelajaran Tatap Muka Berjalan Seminggu, Anies: Tak Ada Penularan Covid-19

Sejumlah netizen menyambut baik prestasi Anies dalam meraih posisi pertama daerah Indonesia paling demokratis. Bahkan, Anies dianggap sanggup menjadi presiden RI.

"Pak Anies memang cocok jadi Presiden yang bisa merawat kebebasan sipil dan hak hak berpendapat warga. Di Pulau Jawa hanya Provinsi DKI dan Yogyakarta yang masuk 10 besar. Bravo gak salah pulih," tulis netizen.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini