Polisi Ungkap Penipuan dengan SMS Blast Gunakan Nama Baim Wong

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 07 September 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 338 2467466 polisi-ungkap-penipuan-dengan-sms-blast-gunakan-nama-baim-wong-BQgYoxqn9P.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus (Foto: Okezone)

JAKARTA - Polisi menangkap delapan tersangka kasus dugaan penipuan melalui SMS blast. Pelaku menggunakan nama Baim Paula alias Boim Wong untuk menipu para korban.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pelaku berjumlah 8 orang dengan dua kasus yang sama dan modus yang sama.

"Dua kasus yg diamankan, dengan modus yang sama. Pelakunya ini berada di Sulsel jadi ada ahlinya. Pelakunya dengan dua kejadian sama-sama ada di Sulsel," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (7/9/2021).

Dia menjelaskan bahwa modus SMS gateway itu terjadi pada 6 Agustus 2021 dengan menggunakan SMS blast yang mengatasnamankan artis Baim Paula. Mereka mengirim secara random dengan mesin yang bisa mengirim ke 100-1000 nomor penerima.

Dalam pesan singkat tersebut penerima SMS mendapatkan pesan tertulis bahwa penerima SMS diiming imingi dengan sejumlah hadiah.

"Selamat no hp terpilih mendapat hadiah 50 juta dari gateway dari baimwong_id_andastr27c7. Info pengambilan hadiah klik https bla bla bla nomor sekian untuk komunikasi melalui WhatsApp," jelasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini